Berdayakan Penyandang Disabilitas, SPSR Pesisir Selatan Gelar Pelatihan Pembuatan Telur Asin

  • Whatsapp
Foto Nico Saputra

LINTASREPUBLIK.COM – Sentral Peternak Skala Rumahan (SPSR) bersama Disabilitas Bukan Batas (DBB) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar pelatihan pembuatan telur asin untuk warga penyandang disabilitas, di Kampung Taluek Belibis Sianik Nagari Sago Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (Sumbar), Rabu 3/11/2021.

Ketua Sentral Peternak Skala Rumahan (SPSR) Kabupaten Pesisir Selatan, Nico Saputra mengatakan, pelatihan tersebut dimaksud untuk memberdayakan warga difabel agar memiliki keterampilan yang produktif.

Bacaan Lainnya

“Setelah pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu membuat telur asin, sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi mereka untuk kedepannya,” ungkap Nico.

Nico menyebut, setelah pelatihan tersebut pihaknya terus melakukan pendampingan sampai peserta bisa membuat telur asin secara mandiri.

“Pendampingan terhadap para difabel terus dilakukan intensif dan akan difasilitasi sampai mereka mampu secara mandiri untuk membuat telur asin,” sebut Niko.

Nico juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak yg telah mendukung kegiatan ini, yang kami mulai dengan sangat kecil, namun tetap bermimpi besar kedepan nya, special buat bunda Lisda Hendrajoni, yang membina kami Sentral Peternak Skala Rumahan yg selalu memberi kami contoh yang baik untuk terus berbuat positif,” ungkap Nico.

Sementara itu penterjemah komunikasi sekaligus penggagas Disabilitas Bukan Batas (DBB) Dayat Pratama mengatakan, pelatihan dan pendampingan mandiri harus diberikan kepada para penyandang disabilitas kategori mampu latih.

“Pada kelompok ini masih ada kesempatan besar untuk mandiri, terbukti sudah banyak teman-teman difabel yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri,” ucap Dayat.

Dayat berharap para penyandang disabilitas dapat memanfaatkan program pelatihan yang ada dengan baik, sehingga mereka bisa mandiri dan sejahtera.

Kegiatan tersebut juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Wali Nagari Sago Salido, Kecamatan IV Jurai, Syafriadi, B. ST. (***)

Tinggalkan Balasan