Lintasrepublik.com https://lintasrepublik.com/ Berita Terbaru Hari Ini Thu, 22 Feb 2024 14:24:07 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.4.3 https://i0.wp.com/lintasrepublik.com/wp-content/uploads/2022/06/cropped-biru-langit2.jpg?fit=32%2C32&ssl=1 Lintasrepublik.com https://lintasrepublik.com/ 32 32 186088917 Tiga Pelanggar Perda Kota Padang Gelar Sidang Tipiringkan https://lintasrepublik.com/2024/02/22/tiga-pelanggar-perda-kota-padang-gelar-sidang-tipiringkan/ https://lintasrepublik.com/2024/02/22/tiga-pelanggar-perda-kota-padang-gelar-sidang-tipiringkan/#respond Thu, 22 Feb 2024 14:24:07 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14976 LINTASREPUBLIK.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Sidang […]

Artikel Tiga Pelanggar Perda Kota Padang Gelar Sidang Tipiringkan pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Sidang Tipiringkan terhadap lima pelanggar perda setempat, Kamis, 22/02/2024 di Pengadilan Negeri Kelas 1A Padang.

Kasat Pol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra menjelaskan sebanyak lima pelanggar Perda yang telah di sidang tipiringkan tersebut rata-rata Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Lima pelanggar ini diantaranya, empat pedagang kaki lima Pasar Raya serta satu pelanggar pemilik Cafe yang telah melanggar Perda No 11 tahun 2005, tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,” jelas Chandra.

Chandra menyebut, dalam sidang itu Hakim Anton Rizal Setiawan SH, MH, menjatuhi putusan denda atau kurungan tiga hari kepada pelanggar tersebut.

“Hakim menjatuhi putusan denda sebesar Rp.150 Ribu atau kurungan selama tiga hari kepada tiga PKL Pasar Raya Padang berinisial IH, YL, dan ME,” sebut Chandra.

Kemudian satu orang PKL Pasar Raya yang berinisial RD mangkir saat persidangan dan ia dikenakan denda Rp. 200 ribu atau kurungan selama tiga hari, sedangkan satu orang pemilik Kafe karaoke berinisial NS yang berada di jalan Taruko, Kecamatan Kuranji, dikenakan denda Rp. 300 ribu,” tutur Chandra.

Chandra menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara persuasif dan humanis namun tegas.

“Kami dari Satuan Polisi Pamong Praja akan selalu melakukan pengawasan terhadap setiap pelanggaran Perda secara persuasif dan humanis, serta akan memberikan tindakan tegas bagi pelanggar,” tutup Chandra. (***)

Artikel Tiga Pelanggar Perda Kota Padang Gelar Sidang Tipiringkan pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/22/tiga-pelanggar-perda-kota-padang-gelar-sidang-tipiringkan/feed/ 0 14976
Terlibat Kasus Narkoba, Wanita Asal Sungai Penuh Ditangkap Polisi di Tapan Pesisir Selatan https://lintasrepublik.com/2024/02/18/terlibat-kasus-narkoba-wanita-asal-sungai-penuh-ditangkap-polisi-di-tapan-pesisir-selatan/ https://lintasrepublik.com/2024/02/18/terlibat-kasus-narkoba-wanita-asal-sungai-penuh-ditangkap-polisi-di-tapan-pesisir-selatan/#respond Sun, 18 Feb 2024 13:10:34 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14971 LINTASREPUBLIK.COM – Jajaran Polsek Basa Ampek Balai (BAB) Tapan, Pesisir Selatan berhasil mengamankan terduga pelaku […]

Artikel Terlibat Kasus Narkoba, Wanita Asal Sungai Penuh Ditangkap Polisi di Tapan Pesisir Selatan pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Jajaran Polsek Basa Ampek Balai (BAB) Tapan, Pesisir Selatan berhasil mengamankan terduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis shabu.

Pelaku adalah seorang wanita berinisial LH (44), warga Desa Lubuk Arai Pelayang Raya, Kecamatan Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

“Penangkapan tersebut pada Hari Rabu (14/2) siang, sekira pukul 11.30 Wib, bertempat di Toko Bunda Laundry, Kampung Pasar Bukit Tapan, Nagari Pasar Tapan,” kata Kapolsek BAB Tapan, IPTU Aldius, SH, MH, yang dikutip lintasrepublik.com di website Polres Pessel, Minggu 18/2/2023.

Sebelumnya Personel Polsek BAB Tapan menerima informasi dari salah seorang pemilik Laundry didaerah tersebut, terkait ditemukannya sebuah dompet yang berisikan sabu ditumpukkan kain milik pelanggannya.

“Pemilik laundry langsung menghubungi personel Polsek BAB Tapan, setelah petugas datang maka dilakukan penyelidikan setelah melakukan profiling dan investigasi,” tutur Aldius.

Kemudian Tim Reskrim Polsek BAB Tapan melakukan pengintaian di lokasi sambil menunggu pemilik cucian tersebut datang untuk mengambil dompetnya itu.

“Saat pelaku datang, petugas langsung melakukan penangkapan, namun satu orang laki-laki diduga teman pelaku berhasil melarikan diri menggunakan sepeda motor,” ungkap Aldius.

Selanjutnya petugas langsung melakukan penggeledahan terhadap pelaku, sehingga petugas menemukan sejumlah barang bukti berupa, satu paket shabu dengan alat prekursor, mancis, pena, dan kaca pirek.

“Petugas juga menyita Android Merek Redmi warna hitam dan satu timbangan digital diduga sebagai alat yang digunakan dalam kejahatan Narkotika dan hal ini diakui oleh pelaku dalam kepemilikannya serta di saksikan oleh saksi-saksi yang ada di TKP,” jelas Aldius.

Aldius menyebut, pelaku berpotensi sebagai pengedar atau pemakai barang haram tersebut dari jumlah dan alat atau prekursor narkoba yang ditemukan, dan pihaknya tidak akan main-main dalam proses hukumnya.

“Pelaku akan kami proses lebih dalam dan akan di jerat dengan pasal berlapis sesuai Undang-Undang No.35 tahun 2009 Tentang Narkotika dan bahkan ancaman hukuman dalam UU tersebut yaitu penjara seumur hidup, atau paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan hukuman mati,” pungkas Aldius. (***)

Artikel Terlibat Kasus Narkoba, Wanita Asal Sungai Penuh Ditangkap Polisi di Tapan Pesisir Selatan pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/18/terlibat-kasus-narkoba-wanita-asal-sungai-penuh-ditangkap-polisi-di-tapan-pesisir-selatan/feed/ 0 14971
Kapolda Sumbar Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2024 https://lintasrepublik.com/2024/02/13/kapolda-sumbar-pimpin-upacara-pembukaan-pendidikan-pembentukan-bintara-polri-tahun-2024/ https://lintasrepublik.com/2024/02/13/kapolda-sumbar-pimpin-upacara-pembukaan-pendidikan-pembentukan-bintara-polri-tahun-2024/#respond Tue, 13 Feb 2024 13:27:33 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14967 LINTASREPUBLIK.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono, SIK, SH bertindak selaku […]

Artikel Kapolda Sumbar Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2024 pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono, SIK, SH bertindak selaku Inspektur Upacara dalam acara pembukaan pendidikan pembentukan Bintara Polri Gelombang I TA 2024, Selasa 13 /02/2024 di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sumbar.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Danrem 032 Wirabraja, Dandim 0312 Padang, Danlanud Sutan Syahrir, Danlantamal II Padang, Ketua LKAAM Sumbar, Waka Polda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, Pejabat Utama Polda Sumbar, Kapolres/Ta jajaran Polda Sumbar, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar serta undangan lainnya.

Pada pendidikan pembentukan Bintara Gelombang I TA 2024 ini, siswa yang mengikuti pendidikan di SPN Polda Sumbar sebanyak 229 orang dengan waktu pendidikan selama 5 bulan, yakni mulai tanggal 13 Februari hingga 11 Juli 2024 dengan 1.200 jam pelajaran. Pola pendidikan yakni 1,5 bulan pembentukan dasar bhayangkara, 3 bulan pembekalan fungsi teknis kepolisian, latihan teknis (Latnis) dan latihan kerja (Latja) dan 0,5 bulan pembulatan dan pembekalan di SPN Polda Sumbar.

Dalam amanat Lemdiklat Polri yang dibacakan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengucapkan selamat kepada para calon Bintara yang telah melewati proses yang panjang pada penerimaan Bintara Polri. Kapolda Sumbar berpesan agar para calon Bintara dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti pendidikan.

“Keberhasilan para siswa calon anggota Polri ini merupakan berkah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan yang berharga ini dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu pengetahuan, keterampilan serta menambah wawasan tentang kepolisian secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab sebagai calon anggota Polri,” katanya.

“Selama menjalani pendidikan, tentunya akan dihadapkan dengan berbagai hal yang baru, yang tersusun dalam rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan yang tentunya membutuhkan ketahanan fisik dan mental,” tambah Kapolda Sumbar.

“Kita pahami bersama bahwa kualitas sumber daya manusia menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Transformasi negara-negara berkembang menjadi negara maju, tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolda Sumbar menerangkan, Pendidikan pembentukan menjadi aspek penting guna mewujudkan institusi Polri yang prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi). Untuk mencapai hal tersebut, maka seluruh komponen pendidikan, mulai dari siswa, tenaga pendidik maupun komponen pendidik lainnya, harus dapat bekerja sama dan membangun sinergitas secara menyeluruh, utuh serta berkesinambungan dalam rangka proses belajar mengajar. Agar dapat berjalan efektif dan efisien sesuai yang diharapkan.

Siswa juga agar mempersiapkan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan, mematuhi peraturan yang berlaku, serta menghindari pelanggaran dan perilaku yang dapat merugikan kehormatan pribadi, keluarga dan institusi.

Siswa diminta menunjukkan sikap disiplin, penuh semangat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi bahwa tujuan selama berada di lembaga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri.

“Bangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik, dengan pendidik, pelatih, pengasuh dan seluruh unsur pelaksana pendidikan, sehingga akan terjalin hubungan yang solid dan harmonis. tanamkan sikap responsif dan ikhlas dalam setiap proses belajar mengajar, sehingga ilmu yang diberikan oleh Gadik maupun instruktur benar- benar dapat diserap oleh para siswa,” terangnya.

Diingatkan Irjen Pol Suharyono bahwa SPN tidak hanya membentuk sikap profesionalisme, tetapi juga mengasah sikap kepemimpinan, etika, dan keterampilan interpersonal yang diperlukan untuk melayani masyarakat dengan baik.

“Kemajuan teknologi saat ini telah merubah lanskap kehidupan masyarakat menjadi lebih terbuka, tanpa batas dan serba cepat. Pelayanan yang diberikan harus didukung kemampuan dan pemanfaatan penggunaan teknologi. Oleh karena itu dituntut harus dapat beradaptasi dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan informasi,” terang Kapolda Sumbar.

Orang nomor satu di jajaran Polda Sumbar ini minta agar jajaran SPN Polda Sumbar melaksanakan seluruh tahapan pendidikan secara profesional dan menanamkan nilai-nilai disiplin dan integritas sebagaimana yang terkandung dalam nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya dengan penuh keteladanan.

Dalam kesempatan itu juga, Irjen Pol Suharyono mengingatkan Ka SPN dan jajaran mencegah dan menghindari tindak kekerasan dan penyimpangan yang dapat mencederai keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pembentukan.

“Kepada Ka SPN Polda Sumbar beserta segenap tenaga pendidik, saya titipkan para peserta didik calon Bintara Polri ini untuk dilatih, dibimbing, dan dididik serta dibina sebaik-baiknya,” imbuhnya.

“Selamat menempuh pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang I tahun anggaran 2024, semoga peserta didik sekalian dapat menyelesaikan pendidikan ini dengan selamat, baik dan lancar,” tutup Kapolda Sumbar. (***)

Artikel Kapolda Sumbar Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2024 pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/13/kapolda-sumbar-pimpin-upacara-pembukaan-pendidikan-pembentukan-bintara-polri-tahun-2024/feed/ 0 14967
Jelang Pemilu, Kapolres Pessel Pimpin Apel Pergeseran Personel Polri Pengamanan TPS https://lintasrepublik.com/2024/02/12/jelang-pemilu-kapolres-pessel-pimpin-apel-pergeseran-personel-polri-pengamanan-tps/ https://lintasrepublik.com/2024/02/12/jelang-pemilu-kapolres-pessel-pimpin-apel-pergeseran-personel-polri-pengamanan-tps/#respond Mon, 12 Feb 2024 13:49:47 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14963 LINTASREPUBLIK.COM – Kapolres Pesisir Selatan (Pessel) AKBP Nurhadiansyah, S.I.K. pimpin Apel Pergeseran Pasukan Personel Polri […]

Artikel Jelang Pemilu, Kapolres Pessel Pimpin Apel Pergeseran Personel Polri Pengamanan TPS pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Kapolres Pesisir Selatan (Pessel) AKBP Nurhadiansyah, S.I.K. pimpin Apel Pergeseran Pasukan Personel Polri BKO Pengamanan TPS tahap pemungutan dan perhitungan Suara Pemilu 2024, di lapangan Mapolres Setempat, Senin 12/2/2024.

Apel juga dihadiri Wakapolres Pessel Kompol. J. Hendro. L, S.I.K, PJU dan Para Kapolsek sejajaran serta personel yang terlibat Pam dan personel BKO Polda Sumbar.

Dalam amanatnya, Kapolres Pessel mengatakan, beberapa hari kedepan tepatnya pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 merupakan puncak dari pelaksanaan pemilu tahun 2024 yang ditandai dengan pelaksanaan pencoblosan untuk pemungutan dan penghitungan suara peserta pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kab/kota dengan sistem pemilu profesional terbuka.

Tahapan ini sangat penting dan krusial Sehingga perlu menjadi perhatian khusus dalam pelaksanaan pengamanannya.

Kapolres menjelaskan, Untuk pengamanan TPS sesuai dengan keadaan seperti itu akan melibatkan kekuatan pengamanan sebanyak 486 personel Polri, dengan rincian pelibatan kekuatan personel Polres Pessel 175 personel dan Polsek jajaran 188 personel, BKO Polda Sumbar 123 personel, terdiri dari Brimob 30 personel dan Dalmas Polda Sumbar 20 personel.

Selain itu, kata Kapolres, tantangan tugas yang akan dihadapi oleh personel pengamanan TPS juga cukup komplit dan berat antara lain lokasi TPS yang jauh, transportasi yang tidak memadai, transportasi laut yang sangat dipengaruhi faktor alam, transportasi sungai, transportasi menggunakan angkutan tradisional seperti kuda beban/angkut dan transportasi yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua (trail/terabas).

Disamping itu ada permasalahan lain yang juga perlu diketahui yakni ada total sebanyak 1.640 lokasi TPS di Kabupaten Pesisir Selatan, ada juga sebanyak 22 Nagari atau Kampung terdapat lokasi TPS belum bisa diakses jaringan internet (blankspot) serta diperkirakan masih ada pemilih yang sudah masuk di DPT tetapi belum memiliki KTP-elektronik.

“Semua hal itu merupakan persoalan di lapangan yang kemungkinan besar akan dihadapi oleh personel Polri yang Pam di TPS, belum lagi ancaman bencana alam seperti hujan dan banjir serta tanah longsor, ancaman erupsi gunung merapi, angin puting beliung dan badai serta gempa,” tutur Kapolres.

Kapolres menekankan segera lakukan pengecekan TPS, kenali KPPS dan petugas yang terlibat di TPS, laksanakan pengamanan setiap pergeseran logistik Pemilu hingga usai dan sampai kembali di PPK, waspadai setiap ancaman dengan berkoordinasi dengan petugas pengamanan lainnya, termasuk Padal (Perwira Pengendali) dan Pamatwil (Perwira Menegah Satuan Wilayah).

“Laporkan secara berjenjang terkait masalah yang timbul di lokasi TPS dan selalu jaga komunikasi dengan tokoh masyarakat di sekitar TPS guna mengelola Sitkamtibmas, jaga kesehatan, jaga netralitas Polri dan jangan lupa berdo’a semoga dimudahkan segala urusan kita,” pungkas Kapolres.(***)

Artikel Jelang Pemilu, Kapolres Pessel Pimpin Apel Pergeseran Personel Polri Pengamanan TPS pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/12/jelang-pemilu-kapolres-pessel-pimpin-apel-pergeseran-personel-polri-pengamanan-tps/feed/ 0 14963
Dua Personel Polresta Padang Diberhentikan Tidak Dengan Hormat https://lintasrepublik.com/2024/02/09/dua-personel-polresta-padang-diberhentikan-tidak-dengan-hormat/ https://lintasrepublik.com/2024/02/09/dua-personel-polresta-padang-diberhentikan-tidak-dengan-hormat/#respond Fri, 09 Feb 2024 13:11:53 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14959 LINTASREPUBLIK.COM – Dua anggota kepolisian dari Polresta Padang diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH), Rabu 07/2/2024. […]

Artikel Dua Personel Polresta Padang Diberhentikan Tidak Dengan Hormat pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Dua anggota kepolisian dari Polresta Padang diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH), Rabu 07/2/2024.

Salah seorang personel diketahui melakukan pelanggaran tindak pidana, yaitu narkotika.

Pemberhentian tidak dengan hormat itu dipimpin langsung oleh Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap saat upacara di halaman Mapolresta setempat.

Upacara pemecatan itu merupakan pelaksanaan hasil sidang Komisi Kode Etik (KKE) Propam Polresta Padang beberapa waktu yang lalu.

Kasi Humas Polresta Padang Ipda Yanti Delfina, mengatakan, kedua anggota Polri itu masing-masing berinisial Brigadir AL dan DM berpangkat Bripda.

“Brigadir AL diberhentikan tidak hormat karena melakukan tindak pidana narkotika,” kata Yanti, Kamis 08/2/2024.

Yanti menambahkan, untuk Bripda DM, diberhentikan karena dinilai telah melakukan pelanggaran disiplin lebih dari tiga kali.

Yanti menegaskan, dengan diberhentikannya dua personel Polri tersebut, agar menjadi perhatian bagi seluruh personel kepolisian di jajaran Polresta Padang.

“Kapolresta Padang menyampaikan kepada seluruh personel untuk lebih disiplin dalam menjalankan tugas agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang,” ungkap Yanti.

Kemudian menurut Yanti, Kapolresta Padang juga mengingatkan untuk selalu mengedepankan integritas dan profesionalisme dalam bertugas demi menciptakan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Padang. (***)

Artikel Dua Personel Polresta Padang Diberhentikan Tidak Dengan Hormat pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/09/dua-personel-polresta-padang-diberhentikan-tidak-dengan-hormat/feed/ 0 14959
Dirresnarkoba Polda Sumbar Ajak PHRI Berantas Peredaran Narkotika https://lintasrepublik.com/2024/02/07/dirresnarkoba-polda-sumbar-ajak-phri-berantas-peredaran-narkotika/ https://lintasrepublik.com/2024/02/07/dirresnarkoba-polda-sumbar-ajak-phri-berantas-peredaran-narkotika/#respond Wed, 07 Feb 2024 12:52:40 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14956 LINTASREPUBLIK.COM – Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol Nico A. Setiawan […]

Artikel Dirresnarkoba Polda Sumbar Ajak PHRI Berantas Peredaran Narkotika pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol Nico A. Setiawan mengajak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) berperan dalam membantu Kepolisian dalam mencegah peredaran Narkotika dilingkungan yang mereka kelola.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri rapat kerja (Raker) PHRI BPD Sumbar di Hotel Pangeran, Padang pada Rabu 07/2/2024.

“Kami mengajak pihak PHRI agar membantu mencegah para pelaku menggunakan hotel, sebagai tempat pertukaran barang atau narkotika,” kata Nico.

Nico menyebutkan, salah satu peran PHRI dalam pencegahan narkotika adalah membantu kecepatan dalam mengakses rekaman Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas.

“Salah satu tempat terjadinya penggunaan dan peredaran gelap narkotika adalah hotel, oleh karena itu, PHRI bisa mengoptimalkan perannya,” sebut Nico.

Menurut Nico, modus operandi para pelaku tindak pidana narkotika yakni memanfaatkan hotel sebagai tempat transit pertukaran narkotika.

“Hotel atau penginapan di Sumatera Barat jadi lokasi persinggahan, barang yang dibawa para kurir atau pelaku dari Pekanbaru menuju Pulau Jawa,” ungkap Nico.

Nico menegaskan, agar semua pihak hotel harus meningkatkan kewaspadaan terhadap tamu hotel yang mencurigakan, yang mungkin melakukan transaksi maupun penggunaan narkoba.

Kemudian sebagai langkah deteksi dini dan bentuk kewaspadaan pengelola hotel agar mengidentifikasi tamu hotel yang dicurigai dan segera menghubungi pihak kepolisian terdekat.

“Peningkatan kewaspadaan ini supaya bisa meminimalisasi peredaran narkotik pada lokasi hotel yang dikelola. Selain itu,
mengedukasi pegawai hotel maupun masyarakat terkait dengan bahaya narkotika,” tutup Nico. (***)

Artikel Dirresnarkoba Polda Sumbar Ajak PHRI Berantas Peredaran Narkotika pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/07/dirresnarkoba-polda-sumbar-ajak-phri-berantas-peredaran-narkotika/feed/ 0 14956
Jaga Ketertiban, PKL di Kawasan Balai Kota Padang Didata Ulang https://lintasrepublik.com/2024/02/06/jaga-ketertiban-pkl-di-kawasan-balai-kota-padang-didata-ulang/ https://lintasrepublik.com/2024/02/06/jaga-ketertiban-pkl-di-kawasan-balai-kota-padang-didata-ulang/#respond Tue, 06 Feb 2024 11:31:03 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14951 LINTASREPUBLIK.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar)  melakukan pendataan […]

Artikel Jaga Ketertiban, PKL di Kawasan Balai Kota Padang Didata Ulang pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar)  melakukan pendataan ulang terhadap UMKM dan pedagang yang berjualan di Kawasan Taman Apeksi, Balai Kota Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan, Aia Pacah, Senin 05/2/2023 malam.

Terlihat Kepala Dinas Koperasi Kota Padang turut hadir serta dalam kegiatan tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang, Chandra Eka Putra mengatakan, pendataan ulang yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengontrol dan mengatur para pedagang yang berjualan di sana.

“Kita melakukan pendataan serta menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di Kawasan tersebut, jangan sampai nanti tidak ada lagi tempat bermain untuk para pengunjung yang datang, akibat tidak tertatanya para pedagang di kawasan itu,” kata Chandra.

Chandra menegaskan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadikan para pedagang di sana tertib dan tertata rapi dalam berjualan.

“Kita ingin menjadikan kantor pemerintah menjadi pusat kegiatan masyarakat yang akan berdampak positif bagi masyarakat, itu yang diharapkan Pemko Padang melalui Satpol PP,” tutup Chandra. (***)

Artikel Jaga Ketertiban, PKL di Kawasan Balai Kota Padang Didata Ulang pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/06/jaga-ketertiban-pkl-di-kawasan-balai-kota-padang-didata-ulang/feed/ 0 14951
Bekuk Persiraja Banda Aceh 0-1, Semen Padang FC Melaju ke Babak Semifinal Liga 2 2023/2024 https://lintasrepublik.com/2024/02/03/bekuk-persiraja-banda-aceh-0-1-semen-padang-fc-melaju-ke-babak-semifinal-liga-2-2023-2024/ https://lintasrepublik.com/2024/02/03/bekuk-persiraja-banda-aceh-0-1-semen-padang-fc-melaju-ke-babak-semifinal-liga-2-2023-2024/#respond Sat, 03 Feb 2024 12:37:40 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14947 LINTASREPUBLIK.COM – Semen Padang FC berhasil mengalahkan Persiraja Banda Aceh di pertandingan terakhir grup X […]

Artikel Bekuk Persiraja Banda Aceh 0-1, Semen Padang FC Melaju ke Babak Semifinal Liga 2 2023/2024 pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Semen Padang FC berhasil mengalahkan Persiraja Banda Aceh di pertandingan terakhir grup X Babak 12 Besar Liga 2 2023/2024, Sabtu 03/2/2024.

Bermain di hadapan belasan ribu pendukungnya di Stadion Agus Salim, Semen Padang menang 1-0 atas Persiraja.

Butuh kemenangan untuk lolos ke semifinal, Semen Padang FC bermain agresif sejak awal babak pertama. Serangan bertubi-tubi dilakukan oleh punggawa Kabau Sirah.

Gol Semen Padang FC pun tercipta di menit ke-6 babak pertama melalui Ahmad Ihwan. Hingga pertandingan usai tak ada tambahan gol.

Hasil ini mengantarkan Semen Padang FC lolos ke semifinal Liga 2 2023/2024.

Kemudian Persiraja Banda Aceh juga lolos ke semifinal melalui runner up terbaik dengan 9 poin. Persiraja unggul selisih gol atas Deltras Sidoarjo di Grup Y.

Pertandingan lainnya Grup X, tuan rumah PSMS Medan takluk dari PSIM Yogyakarta. Meski menang, PSIM Yogyakarta gagal ke semifinal karena kalah selisih gol dengan Persiraja Banda Aceh.

Sementara itu di Grup Y, Malut United yang bermain di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta menang atas Deltras Sidoarjo 2-1.

Laga lain di Grup Y mempertemukan Bekasi City dan Persela Lamongan. Hasilnya, Bekasi City menang 3-1.

Di Grup Z, PSBS Biak Numfor mencukur tamunya Persewar Waropen 5-2. Sedangkan Persipal Palu bermain imbang 1-1 dengan Gresik United. Hasil ini membawa PSBS Biak ke semifinal Liga 2.

Berikut tim yang lolos ke semifinal Liga 2, 2023/2024, Juara Grup, Semen Padang FC, Malut United FC, PSBS Biak Numfor, selanjutnya Runner up terbaik Persiraja Banda Aceh. (***)

Artikel Bekuk Persiraja Banda Aceh 0-1, Semen Padang FC Melaju ke Babak Semifinal Liga 2 2023/2024 pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/02/03/bekuk-persiraja-banda-aceh-0-1-semen-padang-fc-melaju-ke-babak-semifinal-liga-2-2023-2024/feed/ 0 14947
Rumah Sakit Semen Padang Meledak, Sejumlah Pasien Dipindahkan https://lintasrepublik.com/2024/01/30/rumah-sakit-semen-padang-meledak-sejumlah-pasien-dipindahkan/ https://lintasrepublik.com/2024/01/30/rumah-sakit-semen-padang-meledak-sejumlah-pasien-dipindahkan/#respond Tue, 30 Jan 2024 13:08:40 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14942 LINTASREPUBLIK.COM – Ledakan hebat terjadi di Semen Padang Hospital (SPH), peristiwa itu mengejutkan sekitar lingkungan […]

Artikel Rumah Sakit Semen Padang Meledak, Sejumlah Pasien Dipindahkan pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Ledakan hebat terjadi di Semen Padang Hospital (SPH), peristiwa itu mengejutkan sekitar lingkungan rumah sakit, hingga pasien, Selasa 30 /1/2024.

Winda (55), salah satunya. Seorang pasien Nefrologi di SPH ini ikut mendengarkan kerasnya ledakan di rumah sakit tersebut.

Winda menjelaskan, kerasnya dentuman ledakan itu, terdengar saat dirinya sedang dalam pemeriksaan dokter di lantai empat.

Menurutnya, selain dentuman keras, sebagian pasien menurutnya juga menyaksikan kaca pecah beterbangan.

“Kalau saya dekat tembok,  cuma yang samping dekat kaca (pasien lain) melihat kaca beterbangan,”  kata Winda.

Winda menjelaskan, saat kejadian itu, ia belum mengetahui benda apa yang meledak di rumah sakit tersebut.

Menurut Winda, saat ledakan itu terjadi dengan dipandu perawat, ia diminta untuk menunggu dan berkumpul di IGD.

“Cuma sama perawat disuruh ke bawa, Ibu, turun saja berkumpul di ruang IGD,” tutur Winda.

Lanjutnya, terkait kejadian itu, dirinya yang akan dijadwalkan menjalani operasi malam ini, akhirnya ditunda.

“Ya, disuruh pulang dulu, Belum tahu, bagaimana keterangan dari rumah sakit,” ujar Winda.

Sebelumnya, diinformasikan sebuah peristiwa ledakan terjadi Semen Padang Hospital (SPH), Selasa 30 Januari 2024, pukul 15.53 WIB.

Informasi ledakan itu membuat sei isi rumah sakit geger, dan berhamburan keluar rumah sakit. Diduga ledakan terpusat dari pusat pendingin udara (AC Central). (***)

Artikel Rumah Sakit Semen Padang Meledak, Sejumlah Pasien Dipindahkan pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/01/30/rumah-sakit-semen-padang-meledak-sejumlah-pasien-dipindahkan/feed/ 0 14942
Telanjang Dada Diruang Publik, Perempuan Gangguan Jiwa Diamankan Satpol PP https://lintasrepublik.com/2024/01/27/telanjang-dada-diruang-publik-perempuan-gangguan-jiwa-diamankan-satpol-pp/ https://lintasrepublik.com/2024/01/27/telanjang-dada-diruang-publik-perempuan-gangguan-jiwa-diamankan-satpol-pp/#respond Sat, 27 Jan 2024 14:51:16 +0000 https://lintasrepublik.com/?p=14938 LINTASREPUBLIK.COM – Tidak memakai baju, perempuan Paruh Baya di selamatkan dan di antarkan langsung oleh […]

Artikel Telanjang Dada Diruang Publik, Perempuan Gangguan Jiwa Diamankan Satpol PP pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
LINTASREPUBLIK.COM – Tidak memakai baju, perempuan Paruh Baya di selamatkan dan di antarkan langsung oleh Petugas Satpol PP ke Rumah Sakit, Sabtu 27/1/2024.

Berawal dari laporan masyarakat, bahwa ada seorang perempuan paruh baya yang tidak mengenakan pakaian bahkan terlihat bertelanjang dada di wilayah sekitaran Kantor Polisi Sektor Padang Barat.

Kondisi ini tentu membuat masyarakat sekitar menjadi tidak nyaman, maka perlu kita lakukan pengamanan dan pertolongan kepada perempuan tersebut.

Sebelumnya terlihat perempuan tersebut tengah di edukasi oleh ibu-ibu Polwan dan barulah dari Tim Praja Wanita Pol PP Padang menyelamatkan perempuan tersebut ke Rumah Sakit.

“Dari laporan masyarakat tersebut di duga perempuan ini mengalami gangguan jiwa,” kata Kasat Pol PP Kota Padang Chandra Eka Putra.

Dalam rangka antisipasi dan perawatan, wanita tersebut di antarkan petugas ke Rumah Sakit Jiwa HB. Saanin Padang, untuk diberikan perawatan kejiwaannya. (***)

Artikel Telanjang Dada Diruang Publik, Perempuan Gangguan Jiwa Diamankan Satpol PP pertama kali tampil pada Lintasrepublik.com.

]]>
https://lintasrepublik.com/2024/01/27/telanjang-dada-diruang-publik-perempuan-gangguan-jiwa-diamankan-satpol-pp/feed/ 0 14938