Pemerintah Bagikan Rice Cooker Untuk 500 Ribu Rumah Tangga di 36 Provinsi

  • Whatsapp
Foto : Rice Cooker

LINTASREPUBLIK.COM – Pemerintah melalui Kementerian ESDM mulai merealisasikan pembagian rice cooker gratis kepada masyarakat. Ada 500.000 rumah tangga di 36 provinsi yang menjadi target pemerintah untuk menerima alat pemasak nasi tersebut.

Pembagian rice cooker dilakukan secara bertahap hingga Januari 2024. Adapun tahap awal dimulai pada 12 Desember 2023 dengan menyasar 53.161 rumah tangga yang tersebar di 26 provinsi.

Bacaan Lainnya

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Jisman Hutajulu mengatakan, ada lima merek rice cooker yang digunakan pemerintah alat memasak berbasis listrik (AML) tersebut.

“Yakni Cosmos, Maspion, Miyako, Sanken, dan Sekai,” kata Jisman Rabu 13/12/2023.

MenurutnJisman, kelima merek tersebut sudah memenuhi ketentuannTingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah. Rice cooker yang dibagikan tersebut memiliki kapasitas 1,8 liter sampai dengan 2,2 liter.

Program ini merupakan hibah dari pemerintah, sehingga penerima tidak boleh memperjualbelikan rice cooker tersebut. Pada rice cooker juga telah ditempel stiker terkait larangan jual-beli.

Selain itu, dalam paket pembagian rice cooker disertakan pula brosur cara pemakaiannya untuk menjadi pedoman bagi masyarakat dengan daya listrik 450 VA. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan