Tekuk Lampung 1-0, Tim Porwil Sumbar Amankan Tiket PON 2024

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Tim Sepakbola Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memastikan satu tiket untuk tampil dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2024 mendatang.

Kepastian itu didapat setelah Tim Tuah Sakato itu berhasil menaklukkan tim Sepak Bola Provinsi Lampung dengan skor 1-0 di Semifinal Cabang Olahraga (Cabor) Sepakbola Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI-2023, Minggu 12/11/2023.

Bacaan Lainnya

Lantaran juara dan runner up pada babak kualifikasi PON ini berhak tampil di PON tahun depan.

Pada laga yang di saksikan pendukung tim urang awak di Stadion Utama Riau itu, gol semata wayang Sumbar di cetak oleh Jimny Trian Brother pada menit ke-56.

Jalannya Laga

Duel Sumbar menghadapi Lampung di semifinal kedua ini berlangsung alot, Jual beli serangan terjadi dari awal hingga penutup laga.

Apalagi satu tiket final telah menjadi milik tuan rumah Riau yang pada pertandingan semifinal pertama, mengalahkan Kepulauan Riau dengan skor, 1-0.

Pada babak pertama kedua tim sama-sama mencari titik lemah dan beberapa kali saling membahayakan gawang.

Hanya saja skor kaca mata tak berubah, barulah pada pertengahan babak kedua, Sumbar mampu mencetak gol semata wayang melalui serangan balik cepat.

Counter attack ini memaksa kiper Lampung memungut bola dari gawangnya. Hingga wasit meniup pertandingan, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Sumatera Barat.

Pelatih kepala Sumbar Dian Rama Putra tak bisa menyembunyikan rasa haru. Ia terlihat berkaca-kaca sesuai laga.

Begitu pun dengan sistem pelatih dan pemain yang datang menghampiri banch dan saling berpelukan.

Kemenangan di semi final ini ibarat partai final bagi pemain, Sebab, selain bisa bermain di partai puncak, kemenangan ini juga menjadi jalan untuk tampil di PON 2024.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemain yang tampil sangat luar biasa, mereka memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk tampil di final, kemenangan ini atas perjuangan seluruh punggawa di lapangan,” kata Dian.

Dian menyebut keberhasilan tim sepakbola Sumbar ini sekaligus memutus catatan buruk tidak tampil di PON selama 2 kali pelaksanaan. Yakni pada PON 2016 di Jawa Barat dan PON 2020 di Papua.

“Partai final sendiri akan berlangsung, Selasa (14/11) sore di Stadion yang sama setelah perebutan medali perunggu antara  Lampung dan Kepri,” pungkas Dian. (***)


Eksplorasi konten lain dari Lintasrepublik.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan