Tingkatkan Kapasitas dan Tupoksi, Bamus Se-Kecamatan Lengayang Gelar Bimtek dan Studi Tiru

  • Whatsapp
Foto : Bamus se-Kecamatan Lengayang berfoto bersama

Jeki menegaskan, selain dalam penguatan keilmuan Badan Permusyawaratan Nagari (Bamus) dalam melaksanakan tugas, Bamus juga perlu dibekali ilmu yang sifatnya pemberdayaan masyarakat, salah satu diantaranya perlu adanya studi tiru sebagai media percontohan yang dapat ditiru dan dipraktikkan di Nagari-nagari di Kecamatan Lengayang.

“Dipilihnya Nagari Gadut sebagai objek studi tiru supaya dapat menggali informasi terhadap program ATM Beras di nagari tersebut yang diperuntukkan untuk masyarakat yang memanfaatkan potensi-potensi rantau, dan langsung melihat program unggulan nagari yang digerakkan oleh Bumnag berupa program pengolahan sampah yang memanfaatkan sampah masyarakat dan mendulang menjadi pundi-pundi Rupiah di nagari itu,” tutur Jeki.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Jeki, pengelolaan sampah di Nagari Gadut, melibatkan masyarakat dalam memilah sampah dirumah dan dijemput oleh pihak pekerja Bumnag yang langsung dikelola ditempat pengelolaan sampah.

“Selain pengurangan sampah anorganik dengan cara dibakar dan menjadikan limbahnya untuk bahan baku palving block juga memanfaatkan limbah organik sebagai bahan baku budidaya magot BSD yang menghasilkan pundi-pundi Rupiah sebagai Pendapatan Asli Nagari (PAD),” pungkas Jeki. (***)

Pos terkait