Gelar Pengabdian Masyarakat, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand Bantu Benahi Tata Kelola dan Pajak Yayasan Pendidikan

  • Whatsapp
Foto Istimewa

LINTASREPUBLIK.COM – Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi (FE), Universitas Andalas (Unand) Padang, menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema, “Penerapan Tata Kelola dan Perpajakan pada Yayasan Pendidikan”.

Kegiatan yang berlangsung secara terpisah pada hari Kamis tanggal 24 Juni 2021 dan 21 Oktober 2021. Dengan kondisi pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dilakukan melalui platform Zoom Meeting.

Bacaan Lainnya

Pengabdian masyarakat ini diikuti oleh total 152 peserta yang merupakan pemilik ataupun pengurus yayasan pendidikan dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

Ketua Tim Pelaksana, Luciana Luthan SE, M.Si, Ak, CA dalam laporannya mengatakan, program pengabdian masyarakat tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai tata kelola yayasan,  dan aspek perpajakan yayasan pendidikan, dimana kedua hal ini seringkali menjadi permasalahan yang paling mendasar pada yayasan pendidikan.

“Keputusan untuk mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema ini dilakukan setelah melakukan survey pada beberapa pemilik yayasan di kota padang dan kabupaten pesisir selatan, mereka mengeluhkan akan kurangnya ilmu tentang pengelolaan yayasan serta perpajakannya” kata Luciana, Kamis 18/11/2021.

Pemateri kegiatan ini merupakan dosen-dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand yang ahli di bidangnya dan juga praktisi di yayasan pendidikan.

Sesi pertama tentang Pengelolaan Yayasan Pendidikan diisi oleh Prof Eddy R Rasyid, CA, Dr Syahril Ali, CPA, CA dan Drs. Ilmainir M.Si, Ak, CA yang telah lama aktif menjadi praktisi di beberapa yayasan pendidikan yang ada di Sumatera Barat.

Sebagai pemateri tamu dihadirkan juga Drs. H. Muhardanus Rajo Sampono Kayo yang merupakan ketua yayasan pendidikan Adzkia Sumatera Barat yang telah memiliki beberapa Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar Islam terpadu, SMP Islam Terpadu dan juga sebuah Universitas yang baru saja berdiri beberapa waktu yang lalu.

Untuk sesi ke dua diisi oleh Dr. Aries Tanno, CA dan Rahmat Kurniawan MA, CA, Ak, CPA, BKP, keduanya juga merupakan Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand yang juga merupakan praktisi yang telah menggeluti perpajakan selama bertahun-tahun.

“Pengabdian Masyarakat ini melibatkan akademisi dan praktisi yang telah lama bergelut dengan tata kelola dan perpajakan yayasan dengan harapan diskusi dapat berjalan dengan baik, permasalahan mitra dalam hal ini yayasan pendidikan dapat ditemukan solusinya” jelas Luciana.

Menurut Luciana kegiatan tersebut harus dapat membantu peserta membenahi tata kelola yayasan pendidikan yang dinaunginya serta dapat menjadi solusi dalam penghitungan pajak pada yayasan pendidikan.

Kemudian diakhir acara, banyak peserta meminta untuk diadakannya sesi lanjutan dengan tema yang lebih beragam lagi bagi Yayasan Pendidikan.

“InsyaAllah masukan yang ada kita tamping dulu, nanti kita persiapkan pengabdian masyarakat untuk merangkul kebutuhan yang ada, karena memang pengabdian masyarakat ini merupakan bagian Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dijalankan oleh dosen,” tutup Luciana.

 

(***)

Tinggalkan Balasan