Gelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023, Satlantas Polres Pessel Berlakukan E-Tilang dan Manual

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pesisir Selatan menggelar operasi Keselamatan Singgalang 2023, mulai Tanggal 7 hingga 20 Februari 2023.

Kegiatan yang bertemakan keselamatan berlalu lintas yang pertama dan utama itu, sudah dimulai pada Kamis 09/2/2023 di kawasan jalan raya Kota Painan, tepatnya di depan Kantor Satlantas Polres Pessel.

Bacaan Lainnya

“Razia yang dimulai pada pukul 09.00 Wib itu, setidaknya menjaring beberapa kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil penumpang dan barang, dengan penindakan penilangan 15 lembar,” kata Kasat Lantas Polres Pessel IPTU Riwal Maulidinata, STK, SIK, melalui keterangan tertulisnya yang di kutip lintasrepublik.com di Website resmi Polres Pessel, Jumat 10/2/2023.

Riwal menyebut, kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan perilaku masyarakat untuk tetap tertib menggunakan helm SNI bagi pengendara motor dan safety belm untuk mobil, kelebihan muatan serta tidak menggunakan Android saat berkendara.

Menurut Riwal, masih banyak ditemukannya pengendara yang belum mematuhi peraturan lalu lintas seperti tidak menggunakan Helm dan sabuk pengaman serta tidak melengkapi surat-surat kendaraan saat berkendara.

“Hal itu terbukti dengan penindakan sebanyak 15 set tilang pada giat razia Kamis pagi, “ ungkap Riwal.

Kendati demikian kata Riwal, tidak semua pengendara yang melakukan pelanggaran di berikan tilang, namun sebagian ada yang hanya di berikan teguran secara lisan, agar kedepan lebih tertib lagi saat berkendara.

Riwal berharap, kedepan masyarakat Kabupaten Pessel lebih tertib saat berkendara, guna menekan angka laka lantas dan meminimalisir korban dari setiap peristiwa laka lantas itu sendiri.

“Selalu patuhi rambu lalu lintas saat berkendara, ingat keluarga anda menunggu dirumah,” tutur Riwal.

Razia ini akan terus ditingkatkan oleh sat lantas, mengantisipasi kegiatannya berjalan tertib.

Dijelaskan Riwal, Operasi Keselamatan Singgalang 2023, kepolisian akan mengedepankan penindakan melalui kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan juga akan diberlakukan tilang manual untuk pelanggaran tertentu.

“Operasi Keselamatan Singgalang 2023 akan mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif,” jelas Riwal.

Selain itu sebut Riwal, pihaknya juga akan melakukan tilang manual seperti pelanggaran memakai knalpot brong atau racing,

“Kemudian kendaraan tidak memakai pelat nomor, over load kendaraan yang beban tertinggi dan pelanggaran lalu lintas yang meresahkan masyarakat, seperti balap liar.

Itu semua akan digunakan tilang manual,” tutup Riwal. (***)

Pos terkait