Banjir Bandang Terjang Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

  • Whatsapp
Lokasi Banjir Tapan

LINTASREPUBLIK.COM – Usai hujan deras, banjir bandang di sertai lumpur menerjang dua Nagari di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Ranhul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat., Minggu 28/3/2021 sekitar pukul 19.00 wib.

Salah seorang warga setempat yang merupakan Perangkat Nagari di daerah itu, Almirzon membenarkan nya, menurutnya banjir yang terjadi kali ini adalah banjir terparah sapanjang tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Kali ini banjir terparah sejak awal tahun ini, ketinggian air mencapai leher orang dewasa di beberapa tempat, dan tempat yang biasanya tidak terendam banjir, kini malah terendam,” ucapnya.

Ia menambahkan, menurut informasi yang ia peroleh ke Empat Hulu Sungai Tapan meluap hingga merendam beberapa Nagari yang ad di Tapan,

“Hujan di hulu dan disini cukup deras sore menjelang magrib tadi, dari laporan yang kami dapatkan, ke empat hulu sungai meluap, sehingga terjadi banjir dihulu dan disini, dimana nagari yang juga terendam banjir dihulu yaitu Nagari Limau Purut Tapan dan Nagari Talang Balarik Tapan,” jelasnya.

Sampai pukul 22.00 wib ketinggian air masih bertahan dan belum surut, dikarenakan hujan masih turun, sementara warga masih memilih bertahan dirumahnya unuk menyelamatkan barang-barang miliknya.

“Kita, warga masih bertahan didalam rumah dan belum mengevakuasi diri ketempat yang lebih aman, terlalu bahaya, karena air cukup tinggi ditambah juga deras”, terangnya.

Masih menurut Almirzon Masalah korban hanyut dan meninggal dunia pihaknya belum dapat informasi.

“Belum ada informasi, tapi BPBD sudah berada dilokasi, tapi, saat ini BPBD masih kesulitan untuk mengevakuasi warga, karena titik yang terdampak banjir cukup banyak dan luas, “pungkasnya. (YR)

Tinggalkan Balasan