Masa Jabatan 122 Wali Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan Diperpanjang Jadi 8 Tahun

  • Whatsapp
Foto : Bupati Pessel bersama Wali Nagari yang diperpanjang masa jabatannya

LINTASREPUBLIK.COM – Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd mengukuhkan perpanjangan masa jabatan terhadap 122 Wali Nagari dari enam tahun menjadi delapan tahun, kegiatan pelantikan tersebut diselenggarakan di Gedung Painan Convension Center (PCC), Jumat 28/6/2024.

Pengukuhan perpanjangan masa jabatan 122 Wali Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu berdasarkan Undang-undang nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Bacaan Lainnya

“Pertama kita menyampaikan selamat kepada 122 Wali Nagari yang telah diperpanjang jabatannya,” kata Rusma Yul Anwar.

Menurut Pria yang biasa dipanggil RA itu, berdasarkan amanat pasal 39 ayat 1 diatur jabatan Kepala Desa sebelumnya terhitung 6 tahun, kini diubah menjadi 8 tahun.

“Sehingga dengan adanya amandemen tersebut, juga bisa disimpulkan dalam meringankan beban pembiayaan pilwana dan terjadi penghematan, tanpa perlu perjuangan berulang-ulang kita mendapatkan bonus selama dua tahun,” ungkap RA.

RA menyebut, keterlambatan menyerahkan SK, karena Pemkab harus mesti memastikan terlebih dahulu dan mengkonsultasikan langsung dengan kementerian terkait.

“Dan hasilnya seperti sekarang ini, masa jabatan wali nagari diperpanjang,” sebut RA.

RA berharap, adanya perpanjangan masa jabatan ini, ia mengingatkan wali nagari untuk terus bekerja dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Jadi, saya berharap arah pembangunan nagari diarahkan untuk pengembangan potensi desa, supaya bisa diberdayagunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa,” harap RA.

Kemudian RA menegaskan, pihaknya akan membangun kerjasama dan kolaborasi yang baik, karena tanpa itu perkembangan desa atau nagari akan sulit terwujud.

“Saya akan akomodir desa yang mau berkolaborasi, namun mesti terukur,” tutup RA. (***)

Pos terkait