Sempat Kabur, Pelaku Pembacokan di Lengayang Pesisir Selatan Ditangkap Polisi

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Setelah dua hari melakukan pengejaran, akhirnya Polisi berhasil menangkap pelaku pembacokan di Pasir Laweh, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Pelaku ditangkap di kawasan Bukit Kacik, Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera pada Jumat 05/5/2023 dini hari oleh tim Syariah Unit Reskrim Polsek Lengayang.

“Penangkapan ini dibantu oleh masyarakat setempat, sebelumnya kita sempat kejar-kejaran, dan akhirnya pelaku dapat dilumpuhkan,” kata Kapolsek Lengayang, IPTU Gusmanto, SH, M.Si.

Gusmanto menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah membantu selama dua hari untuk mencari pelaku pembacokan tersebut.

Gusmanto menegaskan, pihaknya akan menjerat pelaku dengan pasal 338 jo pasal 351 ayat 3 KUHP Pidana dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

“Sesuai dengan perbuatannya melakukan penganiayaan berat yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain,” tutur Gusmanto.

Sebelumnya diberitakan seorang kakek bernama Gusman di bacok oleh salah seorang pria berinisial E (41), akibat dari insiden itu, kakek berusia 65 tahun tersebut tewas setelah di bawa ke Puskesmas setempat.

Peristiwa nahas itu terjadi di Pasir Laweh Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Selasa 03/5/2023 sekitar pukul 07.00 Wib.

Menurut Kapolsek Lengayang IPTU Gusmanto, SH, MH, Kejadian berawal saat korban pergi ke rumah Deni untuk meminjam arit.

“Setelah meminjam arit korban langsung pergi dengan sepeda motornya, namun tiba-tiba pelaku datang dari belakang dan langsung membacok korban,” kata Gusmanto.

Gusmanto menyebut, setelah korban terluka, ia sempat lari kemudian menjerit dan minta tolong.

“Sedangkan pelaku lari ke arah bukit di kawasan Pasir Laweh untuk bersembunyi sambil membawa senjata tajam yang digunakan membacok korban,” tutur Gusmanto.

Selanjutnya korban di bawah oleh warga setempat ke Puskesmas Kambang untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Namun sesampainya korban di Puskesmas Kambang, korban tidak bisa di selamatkan dan di nyatakan oleh dokter korban telah Meninggal dunia pada pukul 08.00 Wib,” ungkap Gusmanto. (***)