Tingkatkan SDM Ninik Mamak, Anggota DPRD Pessel Gelar Pelatihan Adat Minang Kabau

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Robi Binur menggelar kegiatan pelatihan adat Minang Kabau di Hotel Axana Kota Padang.

Menurut Politisi Partai Demokrat itu, kegiatan tersebut terlaksana murni dari dana pokok pikiran (Pokir) dirinya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan.

“Alhamdulillah ini adalah pelaksanaan tahun kedua, muda-mudahan berlanjut untuk tahun depan,” kata Robi kepada lintasrepublik.com, Sabtu 18/3/2023.

Kegiatan yang digelar mulai Jumat (17/3) hingga Sabtu (18/3) dengan tema adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABSSBK) itu, dengan pemateri DR. Afrizal Ahmat, M.Pd dan DR. Yulizal Yunus, M.Si, Dt. Rajo Bagindo serta di ikuti oleh ninik mamak Kerapatan Adat Nagari (KAN) Taratak Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh, Wali Nagari Taratak Sungai Lundang Hadis Hermanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan serta Kabid dan Kasi Kebudayaan.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan ninik mamak dalam menjalankan perannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Robi.

Selanjutnya, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pesisir selatan itu menyebut, kedepannya akan meningkatkan jumlah peserta pelatihan tersebut.

“Pemerintah daerah juga memiliki peran vital dalam upaya  pelestarian nilai-nilai budaya dengan memberikan penguatan sumber daya manusia (SDM) bagi para pemangku adat melalui kegiatan sosialisasi maupun pelatihan dan diskusi adat,” tutur Robi.

Sementara itu Wali Nagari Taratak Sungai Lundang, Hadis Hermanto mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh politisi Partai Demokrat itu.

“Kegiatan ini sangat berharga untuk kami dan seluruh ninik mamak yang hadir, semoga dari kegiatan ini kami bisa menjalankan peran kami sebagai ninik mamak dalam mendidik anak dan kemenakan kami,” ungkap Hadis.

Dirinya berharap, jika terpilih lagi sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan agar Robi Binur tetap mempertahankan program tersebut, karena memiliki dampak yang bagus bagi ninik mamak. (***)