Tenggelam Saat Mandi di Kawasan Pulau Setan, Pria Asal Kerinci Berhasil Diselamatkan Polair Polres Pessel

  • Whatsapp
Foto : Korban saat di evakuasi ke Puskesmas Tarusan

LINTASREPUBLIK.COM – Seorang pria bernama Marganti (56) asal Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi nyaris tenggelam saat mandi di Kawasan Pulau Setan Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, pria tersebut selamat setelah ditolong personil Sat Polair Polres Pesisir Selatan, Sabtu 07/5/2022.

Kasat Polair Polres Pesisir Selatan IPTU Rosa Harisman mengatakan, selama libur lebaran pihaknya rutin melakukan kegiatan patroli di sekitar jalur laut, terutama yang paling banyak dikunjungi wisatawan seperti kawasan Pulau Cingkuak Carocok Painan dan Pulau Setan Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Telah di lakukan pertolongan pertama kepada seorang laki-laki atas nama Marganti, umur 56 tahun, alamat Kerinci dirinya mengalami pingsan saat mandi di kawasan Pulau Setan,” kata Rosa seperti dilansir, pesisirselatan.sumbar.polri.go.id. Minggu 08/5/2022.

Rosa menyebut setelah dilkukan evakuasi menggunakan Speed Boad, pihaknya langsung membawa korban ke Puskesmas Tarusan untuk mendapatkan bantuan medis.

“Korban langsung mendapatkan perawatan tim medis di Puskesmas Tarusan, setelah diperiksa ternyata korban mempunyai penyakit bawaan yakni penyakit jantung,” Sebut Rosa.

Dijelaskan Rosa, saat ini Kabupaten Pesisir Selatan ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar karena memiliki daya tarik wisata, utamanya wisata laut yang tersebar di sepanjang garis pantai.

“Pagi hingga sore hari kita melakukan patroli di sejumlah titik yang berada di perairan Carocok, bahkan hingga malam di kawasan Wisata Mandeh, patroli ini mengarah ke jalur rawan terjadinya kejahatan, maupun rawan terjadinya kecelakaan Laut,” jelas Rosa.

Selain melakukan patroli, pihaknya juga membantu pelayaran kapal wisata yang akan bersandar karena bahaya mengancam saat menurunkan penumpang dimana ombak menerjang, apalagi wisatawan banyak yang tidak berpengalaman di alam laut.

“Kami juga melakukan pemantauan terhadap pulau-pulau yang dikunjungi oleh wisatawan, termasuk keselamatan para nelayan yang sedang memancing di tengah laut dengan bersinergi dengan Tim Kesehatan Puskesmas Salido,” tutur Rosa.

Selanjutnya Rosa menghimbau agar wisatawan untuk Tetap mematuhi Protokol Kesehatan covid-19, karena pandemi belum berakhir. (***)