Pasca Banjir, Jembatan Gantung Ganting Kubang Pesisir Selatan Tak Kunjung Diperbaiki

  • Whatsapp
Foto : Jembatan Gantung Ganting Kubang

Selain jembatan, ratusan meter kebun sawit di sepanjang sungai itu terus terban, bahkan, sarana olahraga di kampung itu sudah hancur digerus air.

“Sekitar 10-meter lebih sudah ada yang terban digerus sungai dan itu terus terjadi saat debit sungai besar. Bahkan pondasi jembatan juga sudah retak tinggal amblas saja,” tutur Andi.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Andi, selain permukiman, jembatan di Kampung Ganting Kubang itu merupakan salah satu akses utama yang dilalui warga tiga kampung yakni, Ganting Kubang, Kampung Akat, dan Pasien Laweh.

“Selain akses utama sehari-hari warga, juga akses pertanian warga. Pernah putus. Kami terpaksa pakai rakit. Karena akses alternatif jauh memutar,” jelas Andi.

Andi menyebut, saat ini masyarakat berharap kepada pemerintah untuk bisa lebih cepat menangani kondisi itu. Sebab, menurutnya, jika tidak bisa mengancam akses dan permukiman warga.

“Dulu jauh sebelum kondisi seperti melalui pemerintah nagari kami sudah mencoba mengirim proposal melalui Provinsi, tapi, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya, jadi setelah ini, kita berharap segera ada penanganan. Soalnya, jika tidak bisa mengancam permukiman dan kampung terisolasi,” sebut Andi.

Pos terkait