Piala Asia : Babak 1, Irak Unggul 2-1 Dari Indonesia

  • Whatsapp
Foto : Pemain Timnas Indonesia, Marcelino Ferdinand

LINTASREPUBLIK.COM – Timnas Irak unggul dari Timnas Indonesia pada babak pertama laga fase grup Piala Asia 2023 (2024) yang berlangsung di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin 15/1/2024 malam.

Irak memainkan penguasaan bola sejak menit awal dan direspons dengan pressing Timnas Indonesia. Pada menit ketiga sebuah peluang dari set piece Irak menghasilkan peluang. Sundulan Ossama Rashid masih melebar.

Bacaan Lainnya

Berselang dua menit kemudian sebuah lemparan jauh Pratama Arhan berbuah peluang Marselino Ferdinan, namun sepakan pemain KMSK Deinze itu hanya membuat bola mengenai mistar gawang.

Irak terus mencoba menyerang pertahanan Indonesia. Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott dibuat bekerja keras dengan bantuan cover dari pemain-pemain lain.

Indonesia kesulitan mengembangkan serangan. Sementara Irak terus mengurung pertahanan tim Merah Putih. Peluang kemudian didapat Mohanad Ali setelah kesalahan yang dibuat Jordi Amat. Baggott kemudian menggagalkan peluang Ali pada menit ke-13.

Tendangan penjuru yang didapat Irak kemudian menghasilkan peluang. Bola yang mengenai kepala Jordi kemudian mengarah ke tiang gawang.

Irak mencetak gol pada menit ke-17 melalui Mohanad Ali. Kegagalan pemain Indonesia memotong bola Irak membuat bola bersarang di gawang Ernando Ari.

Indonesia mencoba merespons dan sesekali memanafaatkan celah. Bola sempat beberapa kali masuk ke kotak penalti Irak, namun tidak ada peluang yang bisa dituntaskan pemain Skuad Garuda.

Tusukan Marselino, Rafael Struick, dan Yakob Sayuri belum bisa menghasilkan ancaman ke kiper Irak Jalal Hassan.

Mohanad Ali kembali memiliki peluang pada menit ke-29 dengan upaya memaksimalkan umpan dari sayap kiri ketika Jordi Amat sedang terjatuh setelah bertabrakan dengan Asnawi Mangkualam.

Memasuki menit ke-36 Indonesia mencetak gol. Sebuah serangan yang apik dari kaki Ivar Jenner dilanjutkan pergerakan impresif Yakob Sayuri. Menerobos masuk ke kotak penalti, Yakob kemudian mengirim bola ke tiang jauh dan Marselino membobol gawang Irak.

Irak pun mencoba mencetak gol lagi guna mengungguli Indonesia, namun upaya anak asuh Jesus Cassas itu mengalami kesulitan dalam membongkar pertahanan Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Pada detik akhir laga gawang Indonesia dibobol Ossama Rashid yang mencetak gol setelah memanfaatkan tepisan Ernando Ari yang berupaya menghalau tendangan lawan.

Susunan Pemain Inti Indonesia vs Irak:

Indonesia: Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick

Irak: Irak: Jalal Hassan (PG); Hussein Ali Haidar, Saud Natiq, Ali Adnan, Merchas Gazhi; Osama Rashid, Ibraheem Bayesh, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal, Mohanad Ali, Ali Jasim. (Sumber : CNN Indonesia)

Pos terkait