Peringati Hari Penyu Sedunia, Ratusan Tukik Dilepas di Kawasan Konservasi Penyu Amping Parak

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Sebanyak 300 ekor tukik dari berbagai jenis dilepaskan di kawasan Konservasi Penyu Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin 23/5/2022, hal itu dilakukan dalam rangka memperingati hari penyu sedunia.

“Pelepasan tukik berlangsung di Pantai Konservasi Penyu Amping Parak Kecamatan Sutera secara sederhana, namun tidak mengurangi arti dan makna peringatan hari penyu sedunia,” ucap Ketua Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak, Haritman.

Haritman menyebut, pihaknya rutin melakukan pelepasan tukik setiap tahunnya.

“Tahun 2022 ini kami lakukan secara sederhana tanpa menghadirkan banyak orang maupun lembaga lainnya, yang penting makna peringatan dan pesannya sampai ke kita dan masyarakat,” ungkap Haritman.

Dijelaskan Haritman, sebanyak 300 ekor tukik yang dirilis tersebut terdiri dari penyu hijau 170 ekor dan penyu sisi 130 ekor.

“Harapan kami sebagai pegiat konservasi penyu, di hari penyu ini kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan penyu semakin meningkat,” tutur Haritman.

Menurut mantan penulis Media cetak Haluan itu, tema Hari Penyu Sedunia tahun 2022 adalah meminta semua orang untuk mencintai dan menyelamatkan penyu.

“Kura-kura dan penyu memainkan peran penting dalam desain ekologi bumi, oleh sebab itu semua orang perlu terlibat dalam penyelamatan penyu,” Tutup Haritman. (SB)