Miliki Keterbelakangan Mental, Seorang Pria di Ranah Pesisir Bakar Lahan Perkebunan Warga

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Sebuah kebakaran terjadi di lahan kebun serai milik salah seorang warga Kampung Pasia Pelangai Padang Laban, Nagari Pasia Pelangai Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu 16/4/2022.

Kebakaran tersebut di ketahui warga sekitar pukul 15.45 Wib, pelaku pembakaran itu bernama Iwil (54) diduga mengalami keterbelakangan mental (ODGJ).

Bacaan Lainnya

“Kejadian bermula ketika pelaku sedang membakar sampah yang berada dekat kebun serai yang sudah lama tidak diurus, karena saat ini pemilik kebun tersebut berdomisili di Bukittinggi,” ucap Kapolsek Ranah Pesisir, IPTU Andi Yanuardi, SH.

Menurut Andi, dikarenakan cuaca panas sehingga api cepat menjangkau yang berada disekitar kebun tersebut.

“Sekitar Pukul 15.55 Wib, satu unit Mobil Damkar dari Balai Selasa datang, sehingga api bisa dipadamkan,” ungkap Andi.

Andi mengapresiasi warga setempat, karena cepat melapor kepada pihak yang berwajib, sehingga bisa ditangani dengan segera.

“Kami menghimbau dan mengajak masyarakat sekitar peladangan atau sekitar hutan dan lahan untuk berhati-hati dan waspada jika terjadi kebakaran, karena cuaca panas, akhir-akhir ini sering menimbulkan bencana kebakaran,” himbauan Andi.

Dijelaskan Andi, apabila terjadi kebakaran agar segera mengungsi karena api mudah membesar dan membahayakan jiwa.

“Kepada masyarakat sekitar lahan dan hutan jangan melakukan aktifitas yang dapat memicu kebakaran, karena ada konsekuensi hukum apabila lalai atau sengaja mengakibatkan hutan dan lahan terbakar yang akan merusak hutan dan jiwa sekitar,” pungkas Andi. (***)

Tinggalkan Balasan