IPI Pessel, Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Keahlian Tenaga Perpustakaan

LINTASREPUBLIK.COM – Ikatan Perpustakaan Indonesia (IPI) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Keahlian Tenaga Perpustakaan se Kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 28 hingga 29 Januari 2023.

Bacaan Lainnya

Ketua pelaksana kegiatan, Andra Usmanedi menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keahlian tenaga perpustakaan se Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Andra kepada lintasrepublik.com, Senin 30/1/2023.

Setelah pelatihan, Andra berharap peserta mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik.

“Maka dapat membuat kualitas pustakawan semakin meningkat dan lebih inovatif lagi,” harap Andra.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Pesisir Selatan Apriwanto, S.Hum mengatakan, pentingnya persiapan masa depan dengan pembentukan karakter, kompetensi dan kolaboratif serta literasi di tantangan zaman saat ini.

“Saya merasa haru dan bangga dengan kerja sama panitia dan support Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan, Bapak Yandes Amrianal, M.Pd. M.SI dalam memfasilitasi kegiatan ini,” kata Apriwanto.

Menurutnya, mengajak orang membaca sangat diperlukan karena dengan membaca akan menambah wawasan seseorang.

“Mari kita rubah mindset kita untuk membaca dan memulai edukasi dari keluarga dan lingkungan sekitar, dengan banyak membaca maka akan lebih mudah untuk mengendalikan emosi, kita akan tenang dan penyabar,” ungkap Apriwanto.

Kegiatan tersebut di buka dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, S.IP.

Kemudian ditutup oleh Kabid Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan, Eki Febriadi, S.Kom, M.Si (***)

Pos terkait