Galodo Terjang Wilayah Agam, Akses Lalu Lintas Terganggu

  • Whatsapp
Foto : Dampak Akibat Galodo yang terjadi di Kabupaten Agam

LINTASREPUBLIK.COM – Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan meluapnya air sungai dan terjadinya galodo di Jorong Galudua, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Sabtu 11/5/2024 malam.

Dari info yang dihimpun media ini, galodo masuk menggenangi rumah warga. sebagian juga ada yang kendaraannya hanyut dibawa oleh galodo tersebut.

Bacaan Lainnya

Kemudian pengguna jalan dari Bukittinggi yang hendak menuju Malalak dan Lubuk Basung, Kabupaten Agam melalui Padang Lua diminta lewat jalur alternatif, pasalnya, jalan dikawasan tersebut tidak bisa dilalui.

Menurut Petugas Satlantas Bukittinggi, Ipda Roni Edwar, galodo tersebut turun dengan deras sekitar pukul 22.00 Wib, banjir bandang tersebut meluncur deras dan merendam sejumlah rumah warga di sekitarnya.

“Kami minta masyarakat dari Padang Lua yang ingin menuju Malalak dan Lubuk Basung untuk tidak melewati jalur tersebut,” kata Roni.

Sebelumnya, petugas Satlantas Polres Bukittinggi juga telah melaporkan terjadinya longsor di Malalak Timur yang mengakibatkan jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua.

“Sekitar pukul 21.00 Wib cuaca masih hujan deras, jalur Malalak ditutup,” tutur Roni.

Sedangkan di jalur Padang-Bukittinggi, tepatnya di kawasan Lembah Anai ditutup sementara karena adanya jalan terban terbawa arus air di dekat lokasi pelebaran jalan, dekat Silaing Kariang dari arah Kota Padang Panjang.

“Jalan tidak bisa dilewati. Kendaraan dari Padang kita hentikan sampai Lembah Anai,” pungkas Roni. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan