Hasil Piala Asia 2023 : Indonesia Menang 1-0 Atas Vietnam

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam dalam duel sengit di Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat 19/1/2024.

Indonesia unggul 1-0 pada babak pertama melalui tendangan penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-42. Penalti itu terjadi setelah Rafael Struick ditarik Nguyen Thanh Binh dan terjatuh di kotak terlarang.

Bacaan Lainnya

Vietnam langsung memberikan ancaman kepada Indonesia pada awal babak kedua guna mencetak gol balasan. Tendangan kaki kiri Khuat Van Khang membentur Sandy Walsh dan ditepis Ernando Ari pada menit ke-48.

Penalti Asnawi Bawa Indonesia Unggul 1-0 Atas Vietnam di Babak Pertama, Indonesia dalam tekanan Vietnam pada awal babak kedua. Skuad Garuda perlu bangkit guna terlepas dari tekanan tim lawan.

Khuat Van Khang yang masuk pada awal babak kedua membuat lini belakang Indonesia kocar-kacir. Pada menit ke-52 tendangan kaki kiri Van Khang menyamping di sisi kanan gawang Indonesia.

Permainan agresif Vietnam pada babak kedua membuat pertahanan Indonesia lengah. Indonesia melakukan pergantian pemain pada menit ke-56 saat Asnawi Mangkualam ditarik keluar dan digantikan Witan Sulaeman.

Dengan terus diserang tim asuhan Philipper Trousier, praktis Indonesia hanya mengandalkan serangan balik. Pelatih Shin Tae Yong kembali melakukan pergantian pemain, Rafael Struick dan Egy Maulana Vikri keluar digantikan Adam Alis serta Hokky Caraka.

Akan tetapi sesaat kemudian Jordi Amat dinyatakan tidak bisa melanjutkan pertandingan usai hidungnya berdarah karena disikut Nguyen Van Tung dalam duel udara. Jordi digantikan Rizky Ridho.

Hokky Caraka dapat peluang pada menit ke-70 setelah mendapat operan terobosan dari Marselino Ferdinan. Tetapi eksekusi dari Hokky terlambat sehingga bola dibuang lebih dulu oleh pemain lawan.

Indonesia berbalik menekan pada 10 menit terakhir waktu normal. Umpan dari sisi kanan pada menit ke-84 sulit dikejar Adam Alis karena lebih dulu ditangkap Filip Nguyen.

Skuad Garuda hampir unggul 2-0 pada menit ke-89 seandainya tendangan voli Marselino Ferdinan tidak melebar. Saat itu Indonesia mendapatkan momen tendangan bebas Justin Hubner dari sisi kanan, tetapi bola bisa buang ke depan oleh Vietnam.

Bola liar kemudian disambar Marselino dengan tendangan voli kaki kanan, tetapi membentur pemain lawan lebih dulu sebelum menyamping di sisi kanan.

Vietnam harus bermain dengan 10 orang pada menit injury time setelah Le Pham Thanh Long dikartu merah karena mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Marselino Ferdinan pada menit ke-90+3.

Yakob Sayuri membuat penyelamatan penting dengan memblok tendangan kaki kiri Khuat Van Khang dari luar kotak penalti pada menit ke-90+8.

Giliran Ernando Ari membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-90+11. Ernando menepis tendangan bebas lawan yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Indonesia.

Vietnam dapat sepak pojok, kiper Filip Nguyen maju hingga kotak penalti Indonesia.

Indonesia akhirnya menang 1-0 atas Vietnam di Piala Asia 2023.

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia :

Timnas Indonesia XI (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jordi Amat, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner; Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Yakob Sayuri.

Vietnam XI (3-5-2): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Bui Hoang Vietn Anh; Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

sumber : CNN Indonesia


Eksplorasi konten lain dari Lintasrepublik.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan