Kawanan Pencuri Ternak di Agam Tertangkap Saat Tuntun Sapi Curian

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Tim Anti Bandit Satreskrim Polres Agam Polda Sumatera Barat (Sumbar) berhasil meringkus tiga terduga pelaku tindak pidana pencurian sapi, Sabtu 21/1/2023.

Ketiga pelaku itu ditangkap usai diketahui melakukan aksinya di Jorong Labuhan, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

“ Pelaku berhasil kita tangkap di dekat gerbang pos satpam PT. Mutiara Agam saat hendak membawa ternak sapi hasil curiannya itu keluar lokasi dengan menggunakan kendaraan mobil rental minibus Toyota Avanza Nopol BA 1026 WD,” kata Kasat Reskrim Polres Agam, AKP RJ. Agung Pratomo.

Agung menambahkan, ketiga pelaku itu berinisial AF, (42) dan RD, (37), keduanya warga Jorong Sago Manggopoh Lubuk Basung, kemudian IS, (45), warga Jorong Labuhan Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.

“Sebenarnya pelaku ini berjumlah 4 orang, namun baru berhasil kita tangkap 3 orang,” ungkap Agung.

Satu pelaku dengan inisial R, (35) warga Jorong Labuhan, Nagari Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam berhasil kabur dan kini masih dalam pengejaran petugas.

Karena hal tersebut, tambah Agung, usai melakukan aksinya, pelaku R (DPO) ini tidak ikut bersama tiga orang rekannya untuk menjual sapi, sehingga mereka berpisah saat itu.

“Alhamdulillah berkat informasi warga sekitar, rencana jahat pelaku yang sudah terendus itu berhasil kita gagalkan,” tutur Agung.

Saat di interogasi penyidik, pelaku mengakui, bahwa mereka mencuri ternak sapi tersebut dikarenakan untuk keperluan pembayaran biaya rental mobil yang sudah ia pakai selama 5 hari dengan biaya rental per hari senilai 300 ribu rupiah.

Kini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Agam guna proses penyidikan lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, pelaku kita jerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” tegas Agung.

Sementara itu, Anto selaku pemilik sapi mengucapkan ribuan terima kasih kepada Polres Agam. Ia menyebutkan, dengan respon cepat Tim Anti Bandit Polres Agam ini keresahan warga atas maraknya aksi pencurian ternak di kampungnya tersebut telah terobati.

“Semoga tindakan respon cepat dalam menanggapi laporan masyarakat yang seperti saat ini terus dipertahankan,” pungkasnya. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan