Tips Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

  • Whatsapp
Ilustrasi Ujian PPPK

LINTASREPUBLIK.COM – Mempersiapkan dana pensiun ternyata sangat penting untuk menyongsong masa tua yang bahagia, sejahtera, dan tak merana. Sebab, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa tua nanti.

Oleh karenanya, menyiapkan dana pensiun sejak dini atau saat awal mulai bekerja menjadi keharusan jika tak ingin masa tua merana.

Bacaan Lainnya

Apalagi ada berbagai cara mudah yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan dana pensiun. Berikut adalah tips menyiapkan dana pensiun dari para perencana Keuangan.

1. Hitung Simulasi Kebutuhan Masa Pensiun.

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan hal pertama yang harus dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun adalah simulasi kebutuhan di masa depan.

Caranya, dengan melihat berapa pengeluaran saat ini. Misalnya Rp. 5 juta per bulan atau Rp. 60 juta setahun. Nah nilai pengeluaran setahun ini dikalikan masa tidak produktif atau setelah pensiun.

Misalnya saat ini seorang karyawan memasuki masa pensiun di usia 55 tahun, sehingga dengan usia harapan hidup rata-rata di 69 tahun – 72 tahun, maka masa menganggur atau tidak produktif selama 14-17 tahun. Artinya dana yang perlu dipersiapkan Rp 60 juta dikalikan 14-17 tahun.

Tinggalkan Balasan