Wabup Rudi Hadiri Pengukuhan Penghulu Kaum Caniago Surau Pasia Lubuk Nyiur Batang Kapas

  • Whatsapp
Foto : Wabup Pessel, Apt. Rudi Haryansyah bersama Ninik Mamak KAN IV Koto Muidek Kecamatan Batang Kapas

LINTASREPUBLIK.COM – Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt. Rudi Haryansyah, S.Si hadiri kegiatan Batagak Penghulu melewakan Gala, Alif Rahman Datuak Rajo Gamunyang Rumah Panjang, Kaum Suku Caniago Surau Pasia Kampung Lubuk Nyiur Kecamatan Batang Kapas, Sabtu 16/7/2022.

Selain Wakil Bupati, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Batang Kapas, Denny Anggara, Kapolsek Batang Kapas IPTU Asma D Jambek dan Ketua KAN, AKBP, Dt. Rajo Joan Gustar Nani beserta seluruh Niniak Mamak yang tergabung dalam KAN IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas.

Bacaan Lainnya

Kemudian Wali Nagari IV Koto Mudiek, Zainir Idrus, Bundo Kandung, Pemuda Nagari Kampung Lubuak Nyiur, dan Anak Kemenakan dari Kaum Suku Caniago Kampung Lubuak Nyiur Kecamatan Batang Kapas serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Rudi Haryansyah mengatakan, penghulu kaum memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar namun sangat mulia dan suci.

“Saya ucapkan selamat menjalankan amanah kepada Alif Rahman, Datuak Rajo Gamunyang Rumah Panjang, Kaum Suku Caniago Kampung Surau Pasia Lubuk Nyiur,” ucap Rudi.

Rudi mengapresiasi ninik mamak dan masyarakat Lubuk Nyiur Kecamatan Batang Kapas yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat Minang Kabau yang bernuansa ABS-SBK hingga sekarang.

Rudi mengajak seluruh ninik mamak dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah serta masyarakat di Nagari.

“Seorang Datuak yang baik dan bijaksana akan dapat memberikan bimbingan dan arah yang baik kepada anak kemanakan di dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Rudi.

Sementara itu Kapolsek Batang Kapas IPTU Asma D Jambek menyebut, saat kegiatan Pelewakan Penghulu tersebut pihaknya melakukan pengamanan baik terbuka maupun tertutup.

“Pengamanan ini untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan, agar acara berlangsung aman dan kondusif, Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar,” sebut Kapolsek.

Dirinya berharap semoga terjalinnya koordinasi yang baik dengan pemangku adat, agar tugas Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas di Kecamatan Batang Kapas berjalan aman dan kondusif.

(***)

Tinggalkan Balasan