Akibat Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Rahul Tapan Diterjang Longsor

LINTASREPUBLIK.COM – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Ranah Hulu (Rahul) Tapan Kabupaten Pesisir Selatan pada Minggu 15/5/2022, mengkibatkan sejumlah ruas jalan diwilayah itu tertimbun oleh material longsor.

Kapolsek BAB Tapan IPTU Gusmanto M, SH, M.Si Mengatakan, setidaknya ada tiga titk ruas jalan Tapan–Kerinci tertimbun oleh material longsor, akibatnya macet tidak bisa dihindarkan.

Bacaan Lainnya

“Dimana tanah lonsor tersebut pada lokasi titik pertama menimbun dan menutupi badan jalan sepanjang kurang lebih 2 Meter, titik kedua sekitar kurang lebih 6 Meter, sedangkan di titik ketiga sekitar kurang lebih 4 Meter,” kata Gusmanto, Senin 16/5/2022.

Menurut Gusmanto, longsor terjadi karena tingginya curah hujan dalam beberapa hari di wilayah itu.

“Kejadian tersebut tidak ada korban materil maupun korban jiwa, personel kami bekerja sama dengan PU setempat berjibaku mengatur arus lalu lintas dan membersihkan material longsor hingga pukul 23.30 Wib,” ungkap Gusmanto.

Dijelaskan Gusmanto, saat ini material longsor yang menimbun Jalan Raya Tapan-Kerinci di tiga titik tersebut telah dibersihkan sehingga antrian panjang kendaraan tidak ada lagi.

“Saat sekarang ini arus lalu lintas sudah kembali lancar dengan dilakukan pengaturan oleh personil Polsek BAB Tapan bersama-sama dengan anggota BPBD Tapan dengan cara buka tutup,” pungkas Gusmanto. (***)