Sambut Bulan Ramadhan, Kaum Melayu Labai Sutan Kecamatan Lengayang Gelar Halal Bihalal

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Menjelang bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 M, kaum Melayu Labai Sutan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Halal bihalal, Senin 28/3/2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Ermiwati, SE, Wali Nagari Lakitan Tengah, Irwandi, Kepala Kampung Koto Lamo, Rusman, Ninik Mamak Kaum Melayu Labai Sutan, Syahminan, BA, Labai Sutan, dan undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, walaupun di tengah keterbatasan tahun ini kita masih bisa menggelar halal bihalal,” ucap ninik mamak kaum Melayu Labai Sutan, Syahminan, BA, Labai Sutan.

Syahminan menyebut, kegiatan ini sangat penting dilakukan dalam mempererat hubungan silaturahim antar sesama, serta saling memaafkan segala salah dan khilaf.

“Semoga saat bulan Ramadhan tiba semua beribadah dengan hati yang bersih,” sebut Syahminan.

Sementara itu, dalam sambutannya Wali Nagari lakitan Tengah Kecamatan Lengayang, Irwandi sangat mengapresiasi kegiatan yang gelar oleh kaum Melayu Labai Sutan tersebut, menurutnya selama kegiatan berlangsung tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan bernilai positif, dan itu perlu apresiasi bagi kita semua, sebentar lagi kita akan melaksanakan Puasa Ramadhan dan kita perlu saling memaafkan,” kata Irwandi.

Kemudian dalam ceramahnya Ustadz Darusman menyebut ada tiga hal yang perlu dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa.

Pertama, memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, Kedua, memperbaiki hubungan dengan manusia serta ketiga mensucikan makanan yang masuk ke dalam perut.

Menurutnya, tiga poin ini sangat berkaitan dengan khidmat umat muslim dalam melakukan ibadah.

“Ketika orang yang beribadah punya masalah dalam tiga hal ini, maka dia akan sulit mencapai tingkatan paling paripurna dalam pengabdian kepada Allah SWT,” ungkap Darusman.

Dijelaskan Darusman hubungan dengan Allah akan melahirkan kekhusyukan, baiknya hubungan dengan manusia, pasti akan membuka jalan keberkahan. (***)


Eksplorasi konten lain dari Lintasrepublik.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan