Sempat Diguyur Hujan, Miguel Oliveira Menangkan MotoGP Mandalika

  • Whatsapp
Foto : Pembalap MotoGP Miguel Oliveira

LINTASREPUBLIK.COM – Pembalap MotoGP tim Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira sukses memenangkan MotoGP Mandalika, Minggu (20/3). Kemenangan ini jadi sinyal kebangkitan Oliveira.

Pembalap kelahiran Almada, Portugal, 4 Januari 1995 itu mengawali turnamen balap junior MiniGP pada 2005. Perlahan tapi pasti, dirinya lolos ke kelas 125cc pada 2011 bersama tim Andalucia-Cajasol dengan tunggangan Aprilia.

Bacaan Lainnya

Ia hanya bertahan satu tahun karena bergabung dengan Estrella Galicia pada 2012 dan memenangkan dua seri balap di musim perdana Moto3. Namun di akhir musim, ia terdepak karena timnya merekrut Alex Marquez untuk mendampingi Alex Rins kala itu.

Oliviera bergabung dengan Mahindra Racing pada musim 2013 dan 2014. Ia sempat meraih satu kali podium di Sepang pada musim perdananya. Kemudian di periode kedua bersama tim asal India itu, ia juga mencatat satu podium.

Setelah dua musim bersama Mahindra, Oliviera memulai petualangannya bersama Red Bull KTM Ajo. Ia menjadi pembalap Portugal pertama yang memenangkan Grand Prix Mugello.

Namanya mulai melesat perlahan-lahan. Ini membuat Leopard Racing memboyongnya naik kelas ke level Moto2 pada 2016. Cedera sempat membuat performanya naik-turun.

Hal itu membuat dirinya memilih pulang ke Red Bull KTM Ajo pada 2017. Bersama Brad Binder dirinya menjadi duet yang cukup diperhitungkan. Oliviera pun meraih gelar juara pertamanya di Moto2 Sepang, Malaysia. Ia bahkan finis di posisi tiga besar klasemen akhir pembalap musim 2017.

KTM kembali mempertahankan Oliveira di musim berikutnya. Terbukti, dirinya mempersembahkan tiga kemenangan di musim 2018. Ini membuat dirinya finis di posisi kedua klasemen akhir pembalap sekaligus dipromosikan ke MotoGP.

Pabrikan KTM masih mempercayakan Oliviera. Kali ini dirinya memperkuat tim satelit KTM Tech3. Ia mencatat 33 poin di posisi ke-17 klasemen akhir musim 2019.

Di musim 2020, dirinya mencatat kemenangan pertama untuk KTM Tech3 sekaligus untuk dirinya sendiri di MotoGP pada Grand Prix Styrian. Ia menjadi pembalap Portugal pertama yang menjuarai Grand Prix MotoGP. Ia kembali meraih kemenangan di kampung halamannya dalam Grand Prix Portimao, Portugal sebagai balapan penutup di era pandemi Covid-19.

Red Bull KTM Factory Racing akhirnya menarik Oliveira sebagai bagian dari tim pabrikan di musim 2021. Ia sempat kesulitan melakukan penyesuaian di awal musim, namun berhasil meraih kemenangan di Grand Prix Catalunya.

Oliveira sempat menarik perhatian ketika dirinya mengaku sempat digoda oleh tim Monster Energy Yamaha di musim 2022. Namun, dirinya memutuskan setia kepada KTM untuk melanjutkan kerjasama.

Kesetiaan Oliveira terbukti berbuah manis ketika dirinya keluar sebagai juara MotoGP Mandalika, Minggu (20/3). Ia menjadi yang terdepan selama 20 lap dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.

Oliveira pun mencatat sejarah sebagai pembalap pertama yang memenangkan balapan MotoGP Mandalika.

Setelah gagal finis di seri pembuka musim 2022 Grand Prix Qatar, Kemenangan itu menghasilkan 25 poin untuk Oliveira dan merangkak ke posisi keempat klasemen sementara. (***)

Tinggalkan Balasan