Catatan Pena Alumni MAN Salido Dalam Rangka Milad ke – 44

  • Whatsapp
Foto : Dantes, S.Pd.I

Oleh : DANTES, S.Pd.I Alumni MAN Salido Angkatan 2005

LINTASREPUBLIK.COM – Menjadi bagian dari keluarga besar MAN Salido, merupakan suatu kebahagian besar dalam hidup saya, setidaknya ada beberapa catatan penting yang sangat berkesan dalam hidup, selama saya menuntut ilmu di Kampus yang terletak di belakang pasar rakyat Sago tersebut.

Bacaan Lainnya

Kesan pertama

Suatu kebahagiaan bisa Lulusan tes masuk dan diterima menjadi siswa di MAN Salido sekarang dikenal MAN 2 Pesisir Selatan, sesuatu yang pantas disyukuri, Karena di Madrasah ini yang menimba ilmu adalah tidak hanya berasal dari Pesisir Selatan saja tapi banyak dari luar daerah bahkan diluar Provinsi Sumbar seperti Provinsi Bengkulu serta dari Kabupaten lainnya.

Kesan kedua

Madrasah juga telah melahirkan para alumni dan tokoh-tokoh yang hebat  dan berprestasi.

Awal menjadi siswa sudah dsungguhkan dengan kegiatan OSPEK yang begitu lumayan keras dan disiplin yang dikomando oleh senior dan Pengurus OSIM,  tertawa dan menangis sering bercampur aduk seraya berdoa semoga OSPEK ini cepat berakhir, tapi walaupun demikian sungguh pengalaman yang luar biasa, siapapun yang ikut Masa orientasi tersebut pastinya tidak akan pernah lupa dn menjadi pelajaran yang berharga sampai tamat dari Madrasah.

Kesan ketiga

Guru-guru dan assatiz yang disiplin dan perhatian dan  dalam mengajar begitu serius dan sabar membimbing siswa-siswa agar anak didiknya punya dedikasi, integritas, peduli serta berilmu yang bisa di amalkan serta digunakan dalam kehidupan  bermasyarakat.

Kesan keempat

Lokasi Madrasah yang sangat dekat aktifitas pasar dan terminal  serta pantai dengan Madrasah, disatu sisi sangat menguntungkan para siswa yang kos waktu itu, Karena lebih dekat untuk membeli kebutuhan makanan atau bekal laukpauak dan untungnya lagi diakhir pekan terminal sebagai tempat titik kumpul menunggu angkot, bus, ataupun mobil untuk pulang ke rumah dalam rangka liburan akhir pekan.

Namun disisi lain karena Madrasah dekat dari terminal terkadang ketakutan tersendiri terutama bagi siswa yang kos, karena harus berhati-hati dan ekstra waspada jika bergaul dilingkungan luar Madrasah, tapi semua bisa diatasi jika bisa berpandai pandai bergaul dan selalu utamakan sopan santun,  bertegur sapa dan menghidari sikap-sikap angkuh apalagi sombong.

Disamping itu Madrasah juga dekat dari pantai, dikenal dengan Pantai Sago,.di satu sisi bisa sedikit banyak sebagai refresing para siswa menghilangkan rasa lelah atau keboringan selama belajar di Madrasah terutama disore hari, tapi disisi lain waktu itu sangat ditakutkan dengan isu bencana gempa berpotensi Tsunami, jadi ada ketidaknyamanan dan selalu waspada berada atau tinggal diluar Mandrasah.

Kesan Kelima

Madrasah sangat memberikan ruang aktifitas , kreatifitas, inovasi siswa, misalnya kegiatan Kesiswaan yang begitu banyak, baik bidang sosial, pendidikan keagamaan, walaupun kadang adanya peta politik yang begitu kuat kalau ingin  menjadi ketua OSIM ataupun Pengurus OSIM.

Krena masih adanya  masih mengedepankan unsur Jurusanisme (Jurusan Umum dan MAK) dalam pemilihan pengurus Osim, tapi lagi-lagi pelajaran dan banyak hikmah disetiap kegiatan tersebut, namun banyak lagi aktifitas dn kreatifitas lainya yang selalu menjadi perhatian Madrasah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.

Kesan Keenam

Rumah kos bagi siswa-siswi yang jauh dari rumah begitu dengan rata-rata manajemennya yang disiplin, pagi subuh selalu dibangunkan untuk Shalat Subuh, keluar malam ada batas waktu yang ditetapkan, begitu juga ada jam tamu yang ditetapkan bapak atau ibu kos, diajarkan menjaga kebersamaan  dan menghargai antar sesama.

Begitu banyak kesan, Suka dan duka selama di Madrasah sangat memberikan pembelajaran dan pengalaman yang berharga setelah tamat dari Madrasah.

Alhamdulillah dan luar biasa berkat kepemimpinan Kepala Madrasah bekerja teamwork bersama tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah saat ini semakin tumbuh, berkembang, sangat maju, dan sebagai Madrasah yang terus berprestasi baik ditingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional serta menjadi Madrasah studi tiru bagi Madrasah yang ada di Provinsi Sumatera Barat

Selamat Hari Milad ke 44 (1978-2022)  MAN Salido (MAN 2 Pesisir Selatan), semoga selalu menjadi Madrasah yang  Hebat, Mandiri dan Terus Beprestasi.

Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, 7 Januari 2022

Tinggalkan Balasan