Pelaku Penembakan Pos Polisi di Aceh Barat Berhasil Dibekuk, 1 Orang Tewas Ditembak

  • Whatsapp
Foto : Pos Polisi

LINTASREPUBLIK.COM – Polisi telah menangkap empat orang diduga pelaku penembakan Pos Polisi Panton Reu Polres Aceh Barat, di mana satu di antaranya ditembak mati, keempat orang itu punya peran berbeda-beda.

Keempat orang yang ditangkap adalah AH (56), AD (61), CA (53), dan JH, tiga orang ditangkap di lokasi persembunyian di kawasan Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya, satu di antaranya, AH tewas ditembak Polisi.

Bacaan Lainnya

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy menyebut keempat pelaku punya berbeda dalam kasus penembakan pos polisi tersebut, JH disebut berperan sebagai mata-mata.

JH memantau menggunakan handy talky (HT), sedangkan CA diduga memberikan perlindungan serta penampungan terhadap para pelaku selama buron.

“Pelaku AH dan AD diduga keras merupakan perencana penembakan Pospol,” kata Winardy kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Winardy mengatakan penggerebekan lokasi persembunyian ketiga pelaku dilakukan setelah Polisi melakukan pengintaian selama 3 pekan.

Proses penangkapan ketika pelaku dilakukan tim gabungan Ditreskrimum Polda Aceh, Satreskrim Polres Aceh Barat, dan Densus 88 Satgaswil Aceh, Senin (22/11).

Saat proses penangkapan, AD disebut menusuk seorang Polisi menggunakan sangkur, Polisi yang ditusuk itu mengalami luka di ketiak kiri dan AD ditembak di dua kakinya.

Sementara itu, AH disebut berusaha melarikan diri dengan melompat tembok kamar mandi, AH kemudian ditembak dan tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

“Pelaku AH mau melarikan diri serta melawan petugas saat ditangkap, sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur,” jelas Winardy.

Pos Polisi Panton Reu di Gampong Manggi, Panton Reu, Aceh Barat, sebelumnya ditembaki orang tak dikenal, penembakan tersebut terjadi Kamis (28/10) sekitar pukul 03.15 Wib.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), Polisi menemukan 16 selongsong peluru kaliber 7,26 milimeter serta 22 selongsong peluru kaliber 5,56 milimeter, selain itu, Polisi menemukan enam proyektil peluru.

“Proyektil yang kita temukan satu buah di dalam tembok samping Pospol, satu buah di depan pintu masuk Pospol, dan satu buah di ruangan dalam Pospol,” jelas Winardy. (Sumber detik.com)

Tinggalkan Balasan