Gubernur Sumbar Hadiri Panen Perdana Bawang Varietas Unggul Batu Ijo di Kabupaten Tanah Datar

  • Whatsapp
Foto : Gubernur Sumbar di Lokasi Panen Bawang Batu Ijo

LINTASREPUBLIK.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), H. Mahyeldi Ansharullah, SP, hadiri panen perdana bawang varietas unggul batu ijo, Selasa 21/9/2021.

Panen bawang varietas unggul batu ijo tersebut di inisiasi oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Litbang Pertanian Kementan RI, di Nagari Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar.

Bacaan Lainnya

“Lahan percontohan bawang sebesar 10 hektar yang dipanen menjadi satu langkah maju dalam pemanfaatan varietas unggul, pemanfaatan teknologi serta pengelolaan air dan pemupukan yang bisa dicontoh oleh petani di Sumbar,” ucap Mahyeldi.

Mahyeldi menyebut, hasil panen yang mencapai 18 ton per hektar jauh lebih tinggi dari varietas lokal yang hanya 12-13 ton per hektare.

“Sehingga bisa membantu meningkatkan pendapatan petani, apalagi masa panen juga hanya 70 hari,” sebut Mahyeldi.

Kemudian mahyeldi menambahkan, Ini sangat sesuai dengan RPJMD Sumbar 2021-2026 yang salah satunya memang fokus pada sektor pertanian.

“Ke depan akan diupayakan pengembangan teknologi hilirisasi dari produk pertanian Sumbar agar harga komoditas bisa tetap terjaga sehingga petani benar-benar diuntungkan,” tutup Mahyeldi. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan