Cuaca Ekstrem, BPBD Pesisir Selatan Ingatkan Potensi Longsor Dan Banjir Kepada Masyarakat

  • Whatsapp
Suasana Banjir Tapan

LINTASREPUBLIK.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Herman Budiarto, meminta masyarakat tetap waspada, pasalnya cuaca ekstrem berupa hujan deras masih mengguyur Pesisir Selatan beberapa waktu terakhir.

“Agar ancaman bencana sebagai mana ditakutkan atau dikuatirkan itu tidak menimbulkan dampak korban jiwa, maka kepada masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, sebab kondisi cuaca yang tidak menentu sebagaimana saat ini, bisa saja ancaman itu terjadi,” ucap Herman, Senin 5/7/2021.

Bacaan Lainnya

Ia mengaku, terutama masyarakat yang tinggal di dekat tebing dan berpotensi terjadinya longsor seperti di Kecamatan Bayang Utara, termasuk bencana banjir yang kerap terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Disusul Kecamatan Koto XI Tarusan, IV Jurai, Batang kapas, Lengayang, Ranah Pesisir, Ranah IV Hulu dan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan,” terangnya.

menurutnya Delapan Kecamatan tersebut merupakan daerah langganan longsor dan banjir, bahkan hampir tiap tahun bencana itu terjadi di daerah tersebut.

“Karena tingginya ancaman, sehingga kepada warga yang pemukimannya persis berada di lereng perbukitan dengan kemiringan di atas 45 derajat, diminta untuk meninggalkan rumah jika hujan deras terjadi,” pungkasnya. (***)

Tinggalkan Balasan