Sungai Batang Tapan Meluap, Dua Kecamatan Tapan Kembali Dilanda Banjir

  • Whatsapp

LINTASREPUBLIK.COM – Warga Kecamatan Basah Ampek Balai (BAB) Tapan dan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kembali Harus direpotkan dengan terjangan banjir yang kembali datang secara tiba-tiba, Jumat 28/5/2021.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolsek BAB Tapan IPTU Gusmanto M, SH, M.Si, ia mengatakan saat terjadinya banjir, ia bersama anggota dan Bhabinsa Tapan Serda. Yoni. A melakukan patroli dan kontrol di Kenagarian Binjai Tapan Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan.

Bacaan Lainnya

“Yang mana saat sekarang ini air Sungai Batang Tapan yang ada di Kenagarian Binjai Tapan Kecamatan Rahul Tapan sudah mulai meluap keluar Sungai Batang Tapan hingga menggenangi badan jalan dan masuk kedalam rumah masyarakat dengan ketinggian sekitar kurang lebih 35 Cm”, ucap Kapolsek Jumat 28/5/2021 sekira pukul 19.00 Wib.

Ia menambahkan akibat dari meluapnya Sungai Batang Tapan itu, sekitar 35 % rumah penduduk digenangi air, namun pihaknya belum bisa merinci kerugian yang dialami oleh masyarakat setempat, beruntung tidak ada korban jiwa.

“Adapun saat sekarang ini rumah masyarakat yang telah dimasuki atau digenangi luapan air Sunga Batang Tapan yaitu sekitar kurang lebih 35 %, sedangkan korban materil masih belum dapat diketahui secara pasti dan korban jiwa masih terinformasi tidak ada”, jelas Kapolsek.

Pihaknya terus melakukan patroli untuk berjaga-jaga dan memantau dilapangan serta waspada apabila kemungkinan banjir itu bertambah besar.

“Sekarang ini masih dalam keadaan hujan namun patroli Polsek BAB Tapan tetap dilakukan untuk berjaga-jaga memantau dilapangan dan memberitahu masyarakat sekitar untuk selalu waspada, dan apabila tidak memungkinkan segera untuk mengungsi ketempat yang lebih aman, kita berdo’a semoga tidak membahayakan debit air ini, namun kita tetap selalu waspada”, tutup Kapolsek. (***)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan