Sumbar Raih Penghargaan sebagai Peringkat 1 terbaik Dalam Ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

  • Whatsapp
Masjid Raya Sumbar

LINTASREPUBLIK.COM – Provinsi Sumtera Barat (Sumbar) dinobatkan sebagai peringkat 1 terbaik dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021, Kategori Pemerintah Provinsi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko widodo dalam acara Musrenbang Nasional Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKP Tahun 2022, di Jakarta, Selasa 4/5/2021.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah berkah Ramadan bagi masyarakat Sumbar, karena berprestasi menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan di daerah”, ucap Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Kemudian Kepala Bappeda Sumbar Hansastri mengatakan, prestasi yang diraih oleh Provinsi Sumatera Barat saat ini tidak lain karena dalam perencanaan RKPD 2021, sudah memuat kebijakan pemulihan COVID-19.

“Sedangkan pencapaian pembangunan dinilai berhasil dilihat dari berkurangnya ketimpangan yang didukung oleh program penanganan daerah tertinggal dengan pendekatan infrastruktur, ekonomi, lingkungan dan pembangunan manusia,” ucapnya.

Ia menambahkan pencapaian itu adalah hasil bimbingan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Peran Perangkat Daerah lainnya, menurutnya Bapeda Sumbar adalah penanggung jawab pada proses penilaian itu, sejak penyusunan di tahun 2020 sampai dengan tahap penilaian di tahun 2021 ini.

Sementara itu sekretaris Bappeda Sumbar Kuartini Deti Putri mengatakan, Sumbar terakhir kali menerima penghargaan yang sama pada tahun 2013.

“Capaian saat itu masih ada pengkategorian daerah Jawa dan luar Jawa, sedangkan penghargaan kali ini gengsinya lebih tinggi karena proses penilaian disetarakan untuk semua daerah,” ucapnya.

Ajang penghargaan ini memiliki 24 indikator yang dinilai, harapan kedepannya bisa lebih baik dalam perencanaan pembangunan dan memunculkan inovasi baru. (***)

 

Tinggalkan Balasan