Selangkah Lagi Peralihan Status IAIN Batusangkar Menjadi UIN Akan Terwujud

  • Whatsapp
Kampus IAIN Batusangkar Kabupaten Tanah Datar

LINTASREPUBLIK.COM – Alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), selangkah lagi akan terwujud, tinggal menunggu Visitasi dari Menpan RB, sedangkan secara administrasi sudah dinyatakan lulus.

Hal ini dibenarkan oleh Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora, menurut nya peralihan status IAIN Batusangkar Menjadi UIN adalah tuntutan masyarakat Batusangkar.

Bacaan Lainnya

“Seiring dengan perkembangan serta kebutuhan yang begitu cepat, sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri harus bisa mengantisipasi dan mengakomodir perubahan serta tuntutan masyarakat dengan tranformasi menjadi UIN Batusangkar,” ucapnya.

Ia mengatakan peralihan status IAIN Batusangkar Menjadi UIN, dilatar belakangi oleh beberapa aspek, dan itu perlu diwujudkan.

“Dilatarbelakangi beberapa aspek di antaranya, aspek filosofi keilmuan yang integrasi dan interkoneksi, aspek pragmatis yaitu terjadinya perubahan tuntutan, dan kebutuhan masyarakat, kemudian aspek filosofi kearifan lokal”, jelasnya.

Sementara itu Kepala Biro Hukum Kerjasama Luar Negeri Kemenag Mudhofir, mengatakan peralihan status IAIN Batusangkar menjadi UIN itu perlu proses, dan IAIN harus bersinergi dengan Stakeholder yang ada.

“Ini semua adalah proses yang harus kita lalui dalam mewujudkan dunia pandidikan yang andal, pendidikan adalah kemajuan kita untuk Indonesia ke depan, dan IAIN Batusangkar harus bersinergi melakukan komunikasi cerdas ke semua stakeholder untuk mendukung alih status ini,” terang Mudhofir.

Menurutnya IAIN Batusangkar sudah memenuhi kriteria sesuai PMA No 20. Tahun 2020, tinggal diajukan ke MenPAN-RB, untuk dilakukan Visitasi.

“Artinya IAIN Batusangkar segera kita ajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), kita berharap dalam waktu dekat ini akan ada visitasi dari MenPAN-RB,” katanya.

Selanjutnya Bupati Tanah Datar Eka Putra mengapresiasi pengalihan status IAIN Batusangkar menjadi UIN, dan pihaknya siap untuk mendukung dia menilai peralihan status itu akan berpengaruh besar terhadap kemajuan dunia pendidikan di daerah yang dipimpinnya itu.

”Kita sangat mendukung perubahan IAIN menjadi UIN, kita siap bersenergi dengan semua stakeholder yang kita miliki dalam upaya manjadikan UIN,” ucapnya. (YR)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan