Kota Padang Resmi Berlakukan Tilang Elektronik

  • Whatsapp
Ilustrasi Tilang Elektronik

LINTASREPUBLIK.COM – Polresta Padang, Sumatera Barat mengingatkan masyarakat untuk lebih menaati tata tertib berlalu lintas kerana sistem tilang elektronik atau elektronic Traffic law enforcement (ETLE) mulai diberlakukan di sejumlah ruas jalan di Kota Padang.

Hal ini ditandai dengan digelarnya launching secara nasional oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terhadap 12 Polda yang akan menerapkan e-tilang, termasuk Polda Sumbar, Selasa 23/3/2021.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah bagian dari upaya kita untuk meningkat program keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas, tentunya perlu ada upaya-upaya penegakan hukum agar proses pelaksanaan kegiatan para pengguna jalan betul-betul bisa disiplin, bisa mengutamakan keselamatan dan tentunga menghargai masyarakat lain sesama pengguna jalan,” ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurutnya pemberlakuan tilang elektronik ini menimalisir penyalahgunaan wewenang oleh Polisi dalam menindak pelaku pelanggar lalu lintas.

“Tidak perlu berinteraksi langsung dengan masyarakat yang tentunya kita sering mendapatkan komplain terkait dengan masalah proses tilang yang dilakukan oleh beberapa oknum anggota, yang kemudian berpotensi terjadinya penyalahgunaan wewenang,” jelasnya.

Diketahui Kota Padang adalah salah Kota di Sumatera Barat yang akan menerapkan tilang elektrik terhadap pelanggar lalu lintas, tilang elektronik ini akan diberlakukan di beberapa ruas jalan utama di Kota Padang.

Kapolresta Padang, Kombes Imran Amir membenarkan perihal penerapan tilang elektronik tersebut menurutnya Kota Padang akan menetapkan lima titik lokasi yang akan diberlakukan tilang elektronik tersebut, saat ini masing – masing titik itu sudah dipasang kamera pengawas.

“Selain itu, kita juga memasang 10 kamera pengawas di beberapa lokasi untuk memantau aktivitas masyarakat di Kota Padang,” katanya.

Ia menambahkan penerapan tilang elektronik tersebut mulai berlaku hari ini, Selasa 23/3/2021.

“Hari ini mulai kita terapkan,” jelasnya.

Adapun lima titk yang aka diberlakukan tilang elektronik di Kota Padang adalah Simpang Polresta Padang, Simpang Mandiri atau Pos, Simpang Bank Indonesia, Simpang Ujung Gurun, dan Simpang Jam Ria. (YR)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan