Pesona Tersembunyi Air Terjun Plano Bikin Hati Damai

  • Whatsapp
Air terjun Plano Dilengkapi Dengan Sepeda Gantung

Lintasrepublik.com, Lakitan 27 November 2020

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tidak salah memiliki Slogan Negeri Sejuta Pesona, hari demi hari Pemerintah berupaya mengorbitkan beberapa destinasi wisata lokal yang dikelola oleh Pemerintah Nagari melalui Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag)

Bacaan Lainnya

Salah satu lokasi wisata yang mungkin baru terdengar di telinga masyarakat pesisir selatan adalah Air Terjun Plano. Air terjun ini berada di Kampung Tanjung Durian, Kanagarian Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.

Air terjun ini termasuk salah satu destinasi wisata baru di kabupaten Pesisir Selatan. karena selama ini air terjun ini belum dapat sentuhan yang serius dari pemerintah, namun atas upaya Wali Nagari Lakitan Tengah Irwandi, beliau berupaya untuk mengelola air terjun plano ini dengan serius melalui Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dengan menggandeng Beberapa dinas yang terkait.

Akses masuk ke air terjun ini dari Pasar Lakitan kalau kita dari arah Painan kita akan belok kiri dan kita akan sampai di kampung pulai, kemudian kita akan belok kanan dan terus sampailah kita di Kampung Tanjung Durian dan disana kita akan belok kanan lagi baru kita akan menemukan air terjun Plano tersebut, Alhamdulillah saat ini akses jalan menuju air terjun Plano tidak ada kendala yang serius, karena jalan menuju air terjun Plano sangat bagus, ini tidak terlepas dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan. yang 4,5 tahun ini giat melaksanakan pembangunan jalan.

Keindahan yang ditawarkan air terjun ini tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Menyajikan pemandangan air terjun dari berbagai sisi yang sangat luar biasa, memandang air terjun Plano sangat menyejukkan mata. Air yang mengalir terlihat sangat jernih, pengunjung pun bisa berenang untuk memanjakan badan usai penat beraktifitas sehari-hari, selain itu ada beberapa spot keren untuk berswafoto bagi para pecinta foto.

Harapan Wali Nagari Lakitan Tengah Irwandi, dengan adanya pengembangan yang serius dari Pemerintah semoga objek wisata baru ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam atau luar pesisir selatan.

“Harapan saya semoga dengan perbaikan dari segala lini, air terjun Plano ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun wisatawan dari luar, kami dari Pemerintah Nagari Lakitan Tengah akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan air terjun Plano ini, kami akan menggandeng beberapa dinas yang terkait salah satu nya Dinas Kehutanan”

Air terjun Plano bisa menjadi referensi liburan baru bagi wisatawan, Karena tergolong baru, saat ini Pemerintah Nagari Lakitan Tengah melalui Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) berupaya untuk melengkapi fasilitas yang di perlukan dengan menggandeng Dinas Kehutanan. Namun dijamin masih terjaga keasrian dan kebersihannya agar pengunjung nyaman berada di sana.

Di masa pandemi para pengunjung diwajib kan menggunakan masker dan menjaga jarak dengan pengunjung yang lain agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19. (YR)

Tinggalkan Balasan